Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel

 


Bagi para pecinta novel mungkin sudah tidak asing lagi dengan sosok Tere Liye. Tere Liye adalah seorang penulis ternama yang berhasil memikat banyak hati masyarakat Indonesia terlebih kaum muda yang menyukai novel. Lewat karya-karyanya yang menarik dan best seller, banyak orang yang mengenal Tere Liye sebagai penulis novel terbaik dan disukai banyak orang.

Saat ini, Tere Liye sudah mencetak hingga 150.000 eksempalr perjudul dari novelnya dan 20 sampai 40 cetak perjudulnya. Pria kelahiran Sumatra ini memang memikat banyak hati orang.

Salah satu karya Tere Liye yang paling best seller dan pastinya banyak disukai oleh banyak orang adalah serial Bumi. Serial bumi merupakan sebuah serial novel yang ditulis oleh Tere Liye tentang perjalanan di dunai parallel.

Di dalam serial Bumi karya Tere Liye, ada 11 novel yang berurutan untuk kalian baca. Setiap seri terdapat cerita masing-masing namun tetap berhubungan satu sama lain. Serial novel fantasi ini dapat membawa setiap pembacanya ke dalam dunia petualangan yang menakjubkan bersama 3 orang sahabat yaitu Raib, Ali, dan Seli.

Jika kalian piker novel Tere Liye ini tidak memliki pesan moral, maka kalian salah. Meskipun bergenre fantasi, di dalam serial bumi ini kalian masih dapat menemukan pesan moral yaitu tentang persahabatan, niat yang tulus, dan membantu sesama, serta beberapa kebaikan lainnya yang bisa kalian kutip dari novel karya Tere Liye.

Berikut ini kami berikan urutan novel serial Tere Liye serial Bumi yang wajib kalian ketahui untuk dibaca agar tidak salah lagi.

1. Bumi (2014)


Novel Bumi karya Tere Liye adalah serial Bumi pertama yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2014. Di dalam novel ini bercerita tentang gadis remaja bernama Raib yang bertemu dengan sosok kurus tinggi bernama Tamus.

Lewat sosok Tamus yang muncul pertama kali di dalam cermin Raib, ada banyak kejadian aneh terjadi dikehidupannya. Hingag Raib sendiri tidak sadar jika ia telah memiliki kekuatan istimewa. Pensaran dengan kisah selanjutnya dari Raib? Kalian dapat membacanya di novel Bumi karya Tere Liye.

Atau kalian dapat membacanya di novel Tere Liye Pdf yang bisa kalian unduh di dalam Google.

2. Bulan (2015)


Novel kedua dari serial Bumi adalah Bulan. Bulan pertama kali diterbitkan oleh penerbit yang sama dengan serial bumi yaitu Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2015. Di dalam novel setebal 440 halaman ini diceritakan persahabatan Raib, Seli, dan Ali yang menjelajahi dunia dari klan lain yaitu Matahari.

Penjelajahan ini bertujuan untuk menyatukan klan Bulan dan Matahari. Namun saat ingin menjalankan tugas, mereka malah dilibatkan dengan perburuan bunga yang dapat mengabulkan permintaan saat bunga tersebut berhasil mekar.

Bagaimana kisah mereka selanjutnya? Kalian dapat membacanya lengkap di dalam novel Bulan atau dalam bentuk PDF.

3. Matahari (2016)


Selanjutnya ada Matahari yang memiliki tebal 390 halaman. Di dalam novel ini, Tere Liye menceritakan tentang Ali yang menjelajahi Rahim Bumi untuk mendapati klan lain yaitu Bintang. Awalnya Ali hanya penasaran, namun ternyata rasa penasarannya membawa 2 sahabatnya ikut terjun ke dalam petualangan menyusuri Rahim Bumi.

Lewat perjalanan itu, akhirnya merkea menemukan kaln Bintang. Yang pasti perjalanan mereka tidak semulus itu, ada banyak perjalanan yang mereka lewati agar menemukan klan Bintang. Baca kisah mereka selengkapnya di novel Tere Liye Matahari.

4. Bintang (2017)


Seri keempat dari serial Bumi adalah Bintang. Novel bintang diterbitkan pada tahun 2017 oleh Gramedia Pustaka Utama sama seperti novel Tere Liye yang lainnya. Di dalam novel 392 halaman ini kalian akan menemukan kisah selanjutnya dari persahabatan Raib, Ali dan Seli.

Kali ini mereka ingin menyelesaikan misi untuk menyelamatkan manusia yang ada di kaln Bumi. Namun perjalanan mereka tidak mulus. Mereka harus mendapatan dan melakukan pencegahan pada pasak klan Bumi yang akan meledak. Bagaimana kisah mereka selanjutnya? Jangan lupa untuk membaca Bintang karya Tere Liye.

5. Ceros dan Batozar (2018)


Selanjutnya ada Ceros dan Batozoar yang merupakan novel seri ke 5 dari serial Bumi. Di dalam novel ini kalian akan masuk ke dalam konflik utama dari serial Bumi. Novel ini terbit pada Mei tahun 2018. Jika sebelumnya membahas persahabatan antara Raib, Ali, dan Seli,atau tentang klan Matahari dan Bintang, di dalam ceros dan batozoar kalian akan menemukan hal yang berbeda.

Ceros dan Batozoar menceritakan dua makhluk yang berbeda dan sempat ditemui oleh ketiga sahabat itu dalam dunia parallel. Ceros dan Batozoar adalah dua part yang berbeda. Penasaran dengan itu? Simak kisahnya di Novel karya Tere Liye ini.

6. Komet (2018)


Komet merupakan seri selanjutnya dari serial Bumi yang diterbitkan pada tahun yang sama di novel Ceros dan Batozoar yaitu 2018. Di dalam novel 348 halaman ini melanjutkan kisah dari Raib, Ali, dan Seli dalam petualangan dunia parallel mereka.

Kali ini di dalam Komet, ketiga sahabat itu menemukan sebuah tanaman aneh dari sebuah pulau. Pulau tersebut memiliki nama berdasarkan hari. Yang aneh, di dalam pulau it mereka akan bertemu dengan orang yang wajah sama namun berbeda nama. Aneh bukan? Simak kisah mereka lengkap di dalam novel serial bumi karya Tere Liye.

7. Komet Minor (2019)


Selanjutnya ada komet minor. Komet minor adalah novel Tere Liye yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2019 dengan tebal novel 376. Di dalam novel ini masih menceritakan petualangan dari Raib, Ali, dan Seli.

Untuk di seri ini, petualangan mereka berhadapan dengan toko antagonis utama yaitu si Tanpa Mahkota dari dunia parallel. Ada banyak misteri yang harus dipecahkan di dalam novel ini. Jadi jangan  lupa untuk membacanya.

8. Selena (2020)


Seri selanjutnya adalah Selena. Novel setebal 368 halaman ini diterbitkan pada tahun 2020 lalu dan membuat pembaca serial Bumi tidak asing dengan namanya.

Di dalam novel ini, perjalanan dari Raib, Ali, dan Seli bercerita tentang Miss Sleena yang merupakan guur Matematika di sekolah mereka. Ternyata Miss Selena adalah seorang kaln Bulan yang jago bertarung. Bagaimana kisah mereka selanjutnya? Simak dala novel Selena.

9. Nebula (2020)


Nebula adalah novel kedelapan dari serial dunia paralel yang memang terbit berbarengan dengan novel Selena, yakni pada tahun Mei 2020 lalu.Novel ini mengisahkan kehidupan Miss Selena selama berada di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi (ABTT).Selena tidak sendiri, di dalam novel ini akan ada Mata dan Tazk yang andil dalam kisah Selena.

Kemudian, di dalam novel ini, Selena harus mencari petunjuk dan mengunjungi ke berbagai lokasi untuk menemukan segala jawaban atas misi yang diberikan oleh makhluk jahat yang kerap mengancamnya. Simak cerita selengkapnya di novel Nebula.

10. Si Putih (2021)


Novel urutan kesembilan dari serial Dunia Paralel, yakni bertajuk Si Putih. Novel ini berhasil diterbitkan pada tahun 2021. Bagi pecinta serial Bumi dan mengikuti dari buku pertama, pastinya kalian tahu dengan hewan kesayangan milik Raib, yakni Si Putih.

Sesuai dengan judulnya, novel ini tentu akan membahas Si Putih, kucing kesayangan Raib. Kucing yang pada saat itu berada di depan pintu rumahnya sebagai hadiah hari kelahiran Raib. Akan tetapi, siapa yang mengira bahwa Si Putih mempunyai ceritanya tersendiri akan masa lalunya yang tak kalah menarik. Penasaran dengan kisahnya? Kalian dapat membacanya di novel si putih.

11. Lumpu (2021)


Lumpu merupakan novel urutan kesepuluh dari serial Bumi Dunia Paralel. Novel ini terbit pertama kali pada bulan tahun 2021 oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama. Novel ini menceritakan terkait kehidupan musuh dari masa lalu, rumornya makhluk itu telah menyimpan dendam pada Miss Selena selama kurang lebih 17 tahun.

Kemudian, ada hal yang menjadi awal petualangan bagi Raib, Ali, dan Seli ke berbagai tempat, seperti klan Bulan, klan Matahari, klan Bintang, situs Bor-O-Bdur, klan Komet, serta klan Komet Minor. Kisah selanjutnya dapat kalian baca di novel Lumpu.

12. Bibi Gili (2022)


Buku ke-12 dari serial Bumi adalah yang berjudul Bibi Gill. Berbeda dari petualangan dari dunia parallel sebelumnya, buku ke-12 dari serial Bumi ini yang tentu lebih berfokus kepada perjalanan Bibi Gill yang adalah seorang ahli Pengintai di dalam dunia parallel.

Sama halnya dengan buku Selena, melalui novel ini kita juga tentunya akan mengenal lebih jauh lagi tentang sosok dari seorang Bibi Gill dan bagaimana perjalanan hidupnya sebelum menjadi seorang dosen di ABTT. Kisah selanjutnya dapat kalian baca di novel Bibi Gili.

13. Sagaras (2022)


Pada novel sebelumnya dalam serial Bumi, Tere Liye telah menuliskan cerita menarik mengenai orang tua dari tokoh Raib di kedua novelnya yang berjudul “Selena” dan “Nebula”. Namun, Tere Liye belum menuliskan cerita tentang orang tua tokoh lainnya, yakni Ali, yang menimbulkan rasa penasaran pembaca.

Ke mana orang tua Ali? Apakah orang tua Ali masih hidup? Dari klan mana kah Ali? Pada 384 halaman novel SagaraS ini, semua pertanyaan dan rasa penasaran tersebut akhirnya akan terjawab. Akhirnya. Siapa orang tua Ali dijawab di buku ini.

Itulah urutan serial Bumi karya Tere Liye, semoga blog kami dapat membantu dan selamat membaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik 2022

Novel Laskar Pelangi, Karangan Indah Dari Kehidupan Nyata