Rekomendasi Novel Klasik Terbaik yang Wajib Dibaca

Bagi kamu yang hobi membaca, novel klasik pasti menjadi salah satu pedoman yang pernah kamu baca. Berbicara tentang novel klasik, mengacu pada novel-novel berkelas yang rilis pertama kali setidaknya lebih dari setengah abad yang lalu, namun masih sering dibicarakan hingga kini.

Novel klasik ini seringkali dijadikan bahan perbincangan di dunia perkuliahan dan teman-teman yang berminat untuk membedah bersama novel klasik legendaries.

Lewat novel klasik, banyak kisah, ragam budaya, dan kekayaan Indonesia yang bisa digali, di samping tentunya turut menghibur di setiap kisahnya. Dari penelusuran berbagai sumber, berikut tujuh novel klasik Indonesia yang menarik untuk dibaca :

1. Bumi Manusia - Pramoedya Ananta Toer


Karya sastra berjudul Bumi Manusia tentunya sudah tidak asing lagi dikalangan pecinta novel. Buku yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1980 silam ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Minke yang hidup di zaman sebelum kemerdekaan Indonesia.

Selain mengisahkan perjuangan Minke agar bebas dan merdeka, buku yang merupakan bagian pertama dari Trilogi Buru ini juga menceritakan tentang pandangannya terhadap dunia pendidikan yang identik dengan Belanda pada saat itu.

Dengan tebal 538 halaman, buku karangan Pramoedya Ananta Toer yang paling terkenal ini juga mengengkat kisah cinta sang tokoh utama dengan Annelies yang digambarkan sangat cantik jelita, sehingga tidak terlalu berat untuk kamu yang kurang gemar membaca.

2. Ronggeng Dukuh Paruk – Ahmad Tohari


Novel klasik Indonesia berjudul Ronggeng Dukuh Paruk ini mengisahkan Srintil yang dinobatkan sebagai ronggeng baru, setelah 12 tahun lamanya kematian ronggeng terakhir di Dukuh populer ini. Ronggeng diartikan sebagai lambang, dukuh bisa kehilangan jati diri jika tanpa adanya ronggeng. Hingga akhirnya ronggeng cantik jelita bernama Srintil menjadi tokoh terkenal yang digandrungi oleh seluruh kalangan masyarakat.

Dari kalangan muda-mudi hingga pejabat berlomba untuk bisa dekat dengan ronggeng baru yang bernama Srintil ini. Namun, pada tahun 1965, malapetaka politik semakin ganas dan membuat dukuh tersebut hancur. Para ronggeng beserta penabuh calungnya ditahan dan dipenjara. Hal inilah yang membuat Srintil sadar bahwa harkatnya sebagai manusia sedang dipertaruhkan.

3. Arok Dedes – Pramoedya Ananta Toer


Karya sastra yang satu ini merupakan novel pertama yang mengisahkan tentang sejarah kudeta Jawa. Kisah kudeta Jawa ini berisi kelicikan, saling melempar batu sembunyi tangan, berlomba menjadi orang terhormat, hingga para korban yang ditumpas habis dengan tragis.

Roman Arok Dedes bukan merupakan kisah mistis tentang keris Gandring tujuh turunan, melainkan kisah roman politik seutuhnya yang menegangkan. Kudeta pertama di Nusantara ini berhasil merangkak untuk memukul habis kekuasaan politik pada masanya. Hingga akhirnya roman Arok Dedes berhasil menggambarkan peta kudeta politik Jawa yang kompleks, dengan cara licik.

4. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck – Abdul Malik Karim Amrullah (Buya Hamka)


Novel klasik terbitan tahun 1939 ini mengisahkan tentang perbedaan latar belakang sosial adat Minangkabau yang menghalangi hubungan cinta sepasang kekasih hingga berujung kematian.

Novel ini mengisahkan Zainuddin, sang pemuda berdarah Minang dan ayahnya yang berdarah Bugis. Ibu Zainuddin berharap keluarga kecil mereka akan diterima dan diberikan sambutan gembira dari keluarga ayahnya di tanah kelahirannya yaitu Padang Panjang.

Akan tetapi, semua terjadi tidak sesuai dengan harapan. Sesaimapinya di kampong halaman, Zainuddin dianggap orang asing oleh keluarganya. Ketidaknyamanannya hidup di kampung halaman yang tidak pernah mau mengakuinya ini akhirnya terobati setelah ia bertemu dengan Hayati dan mencintainya dengan sepenuh hati.

5. Semua untuk Hindia – Iksaka Banu


Novel ini menceritakan 13 cerita pendek pada masa kedatangan Cornelius de Houtman hingga awal Indonesia merdeka. Cerita yang dikemas menarik, mampu membuat setiap pembaca berimajinasi tentang sejarah Indonesia dengan sudut pandang yang khas. Berbagai kisah menarik yang dimuat dalam cerita pendek ini diantaranya adalah mantan tentara yang membunuh suami kekasih gelapnya, perwira yang menembak Von Imhoff, wartawan yang menyaksikan Perang Puputan, inspeksi Indo yang berusaha menangkap hantu pencuri beras, dan berbagai kisah menarik lainnya

Demikianlah penjelasan mengenai novel klasik dan beberapa rekomendasi novel klasik yang wajib kamu baca untuk mengenal Negara Indonesia melalui karya sastra terbaik sepanjang masa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel

Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik 2022

Novel Laskar Pelangi, Karangan Indah Dari Kehidupan Nyata