Review Novel Bumi: Novel Pertama dari Serial 'Bumi'

Tere Liye merupakan nama pena dari salah satu penulis produktif dan penuh akan imajinatif dari tanah air. Pria kelahiran tahun 1979 ini, telah menciptakan berbagai karya tulis novel best seller dengan berbagai genre, mulai dari romance, action, sci-fi, fantasy hingga drama islam. Bahkan, beberapa di antaranya juga sudah banyak yang diangkat ke dalam bentuk layar lebar.

Adapun salah satu dari sekian banyak karya tulisnya yang berhasil masuk ke deretan Best Seller tanah air, yaitu bertajuk Bumi. Novel Bumi merupakan bagian pertama dari serial Bumi. Novel ini berhasil diterbitkan pertama kali oleh Penerbit Gramedia Pustaka Utama pada Tahun 2014.

Novel dengan tebal 440 halaman ini, berkisah mengenai petualangan antarklan dengan tokoh utamanya, yaitu Raib. Raib adalah generasi keturunan murni dari Klan Bulan dan ia melakukan petualangan ke dunia paralel bersama dua sahabatnya, yaitu Seli dan Ali. Seli berasal dari keturunan klan Matahari, sementara Ali berasal dari klan Bumi atau tanah. Sebenarnya, mereka bertiga merupakan anak remaja pada umumnya, tetapi di novel inilah awal dari segalanya terungkap.

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih dalam mengenai novel bumi ini, kamu dapat mengikuti ulasan berikut!

Identitas Buku Bumi Tere Liye

Judul Buku: Bumi

Penulis: Tere Liye

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Terbit: Januari 2014

Tebal: 440 Halaman

Sinopsis Novel Bumi Karya Tere Liye

Namaku Raib, usiaku 15 tahun, kelas sepuluh. Aku anak perempuan seperti kalian, adik-adik kalian, tetangga kalian. Aku punya dua kucing, namanya si Putih dan si Hitam. Mama dan papaku menyenangkan. Guru-guru di sekolahku seru. Teman-temanku baik dan kompak.

Related:5 Contoh Resensi Buku Non Fiksi dan Fiksi Serta Penjelasanya

Aku sama seperti remaja kebanyakan, kecuali satu hal. Sesuatu yang kusimpan sendiri sejak kecil. Sesuatu yang menakjubkan. Namaku, Raib.

Dan aku bisa menghilang.

Review Novel Bumi Karya Tere Liye

Alur cerita dari novel ini adalah maju. Kalimat awal menjelaskan tentang pembuka perjalanan Raib, Ali dan Seli dalam berbagai dunia lain yang kemudian disebut dengan dunia Paralel.

Petualangan pada novel Bumi bermula ketika Raib secara tidak sengaja menemukan kemampuan yang terpendam dalam dirinya yaitu bisa menghilang dan menghilangkan benda, cerita dilanjutkan dengan pertemuan dengan sosok tinggi kurus yang muncul dalam cermin.

Pada suatu hari, Raib lupa membawa buku PR Matematika yang menyebabkan ia dihukum diluar kelas. Karena merasa bosan, ia kemudian mencoba menutup matanya dengan kedua telapa tangan. Kemudian secara tiba-tiba Ali tidak pernah mengerjakan tugas yang muncul di hadapannya lalu bertanya “apakah kamu bisa menghilang Ra?”

Pesan Moral dalam Novel Bumi Karya Tere Liye

Selain cerita petualangan yang seru, Novel ini juga menyajikan banyak pesan moral, diantaranya seperti persahabatan dan keluarga.

Persahabatan antara Raib, Ali dan Seli merupakan kisah menarik yang penuh dengan makna. Selain itu, kekurangan Raib dan kedua orang tuanya juga menyisipkan kisah yang cukup membuat penasaran.

Cara komunikasi Raib dan orangyuanya merupakan sebuah pesan baik untuk dibaca, terutama kalangan anak muda.

Oke sobat blog, itulah seputar penjelasan mengenai novel Bumi Tere Liye yang perlu kamu ketahui. Selamat membaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Buku Insecurity is My Middle Name

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel

Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik 2022