Rekomendasi Buku Pengembangan Diri Untuk Introvert

Ada banyak buku yang cocok dibaca oleh kaum introvert untuk mengembangkan potensinya ke tingkat maksimal. Buku-buku tersebut mulai dari langkah untuk menerima diri sebagai sosok introvert hingga kelebihan sosok introvert di tengah dunia yang riuh dan bergerak dinamis. 

Pastinya, buku ini akan memberi sudut pandang berbeda untuk kaum introvert yang menemui hambatan dalam mengenal diri mereka. Berikut ini lima buku yang cocok untuk dibaca kaum introvert .

Bagi sebagian para introvert, buku merupakan bagian dari dirinya, yang bisa membawanya tenggelam dalam dunianya sendiri. Kalian pasti sudah tahu kalau ada berbagai macam novel dan buku-buku menarik yang mengangkat topik introvert.

Namun selain itu, ada juga buku-buku yang ternyata diminati oleh orang-orang yang sering diasosiasikan sebagai bookworm sejati ini. 

1. Quiet Impact: Tak Masalah Jadi Orang Introver (Sylvia Loehken)

Individu dengan kepribadian introvert suka menghabiskan waktu sendirian. Tak jarang, individu dengan kepribadian ini dikucilkan. Buku ini berisi informasi cara mengetahui kelebihan seorang introvert serta mengatasi hambatan yang dialaminya agar menjadi individu yang dapat memaksimalkan potensinya.

2. Seni Bahagia Menjadi Introver (Sendysaga)

Tak jarang, individu introvert disebut asosial, tidak punya teman, atau sombong. Padahal, belum tentu pandangan tersebut mencirikan sifat asli dari individu introvert tersebut. Buku ini berisikan informasi bahwa seorang introvert juga bisa bahagia dengan karakter dan potensinya sendiri.

3. Book of Introvert (Tony Ibrahim)

Individu introvert memiliki tantangan dalam menjalani kehidupan. Buku ini membahas dunia introvert, mulai dari bagaimana cara membangun relasi dengan dunia luar, serta cara melihat diri sendiri tanpa harus mengubah karakter dalam diri.

4. Segala-galanya Ambyar (Mark Manson)

Buku ini berisi informasi tentang cara mengendalikan diri ketika mengejar segala sesuatu pada era yang begitu cepat berubah. Kecemasan dan kegelisahan adalah hal yang normal, tetapi pemahaman tentang hal-hal positif dan negatif serta pengendalian pikiran penting untuk dimiliki.

5. Quiet: Daya Introvert dalam Dunia yang Tak Bisa berhenti Bicara (Susan Cain)

Buku ini secara mendalam membahas kekuatan ‘senyap’ para introvert di dunia yang begitu gaduh. Para introvert memiliki peran politis. Pemikiran cermat dan matang lahir sebelum seorang introvert membuka mulut mereka.

6. Hujan - Tere Liye

Para introver dengan kepribadian ISTJ pasti memiliki aktivitas padat, namun selalu mengalokasikan sisa waktunya dengan membaca buku-buku terbaik. Novel distopia ini sangat direkomendasikan bagi para ISTJ.

Hujan mengisahkan tentang pertemuan Esok dan Lail di tahun 2042 sesudah gunung meletus. Di samping itu, ada seorang perempuan bernama Maryam yang menjadi teman dekat atau bisa dikatakan sahabat Lail. Akibat letusan gunung yang sangat menggemparkan dan memorakporandakan hampir seluruh isi bumi, telah menyisakan 10% populasi manusia. Tak hanya itu, cuaca dan iklim yang terjadi di bumi juga semakin kacau.


0 Komentar