Rekomendasi Buku Sains Terbaik Tahun 2022

Tak bisa di pungkiri bahwa ilmu pengetahuan bisa didapat dengan membaca buku. Khususnya buat kamu pecinta ilmu sains, mau itu mengenai fisika, biologi, hingga kimia. Namun, begitu banyak masyarakat Indonesia yang tidak menyukai bidang ilmu ini, dengan alasan begitu sukar dan bertentangan dengan apa yang diajarkan oleh agama. Padahal, ilmu ini sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Oleh karena itu, tidak heran mengapa sains menjadi salah satu pelajaran wajib yang harus diajarkan di sekolah.

Menurut Slamet Suyanto, penulis buku Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, sains bermanfaat untuk mengembangkan berbagai kemampuan anak. Contohnya, kemampuan eksplorasi dan investigasi.

Nah buat kamu yang sedang mencari referensi buku sains, kami akan merekomendasikan beberapa buku sains terbaik buat kamu. Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

1. Kartun Genetika

Rekomendasi buku yang pertama adalah Kartun Genetika. Kartun Genetika merupakan karya kolaborasi antara Larry Gonick, penulis sekaligus seorang ilustrator dengan Mark Wheelis, ahli mikrobiologi Amerika dan menjadi seorang profesor di College of Biological Sciences, University of California.

Buku ini menjelaskan konsep ilmu genetika modern dan klasik dengan cara yang cukup menghibur dengan ilustrasi kartun-kartun. Kartun-kartun tersebut membantu untuk dapat memahami ilmu genetika lebih mudah.

2. A Brief History of Time

Rekomendasi buku yang kedua adalah A Brief History of Time. Buku ini merupakan salah satu karya Stephen Hawking yang dikenal oleh pembaca Indonesia. Buku ini menjadi rujukan pertama untuk mengetahui pemikiran Hawking soal waktu, terutama tentang kosmologi, termasuk Ledakan Besar, lubang hitam, dan kerucut cahaya.

A Brief History of Time ini sangat cocok dibaca oleh siapa pun, termasuk pembaca awam yang baru masuk dalam pemikiran Hawking.

3. The Demon-Haunted World

Rekomendasi buku yang ketiga adalah The Demon-Haunted World. Buku ini ditulis oleh Carl Sagan yang berkolaborasi dengan Ann Druyan, seorang penulis yang mengkhususkan diri dalam komunikasi sains. Buku ini terbit pertama kali pada 1995.

Buku ini menjelaskan metode ilmiah kepada orang awam dan mendorong untuk berpikir kritis dan skeptis. Selain itu, buku ini juga mencoba untuk membedakan ide sains yang valid dengan ide yang dianggap pseudosains. Buku ini menjadi salah satu buku Carl Sagan yang cukup populer selain Cosmos.

4. Kartun Statistik

Rekomendasi buku yang keempat adalah Kartun Statistik. Buku ini ditulis oleh Woollcott Smith, profesor statistik yang aktif di bidang penelitian dan konsultasi statistik dan diilustrasikan oleh Larry Gonick, penulis sekaligus seorang ilustrator.

Menariknya, buku ini dibungkus dengan kartun-kartun menarik tanpa harus kehilangan bobot untuk menjelaskan tentang konsep dasar statistik, mulai dari mencarikan dan menyajikan data, probabilitas, mengambil sampel, interval keyakinan, menguji hipotesis, sampai desain eksperimen.

5. Kanker: Biografi Suatu Penyakit

Buku terakhir adalah Kanker: Biografi Suatu Penyakit. Buku ini ditulis oleh Siddhartha Mukherjee. Edisi bahasa Indonesia buku ini terbit pada 17 April 2020, saat pandemi Covid-19 dimulai.

Secara garis besar, buku ini menjelaskan definisi lengkap tentang kanker yang ada dalam tubuh manusia yang seharusnya menjadi bagian dari tubuh manusia. Namun, kanker merupakan monster ganas yang bisa merenggut nasib siapa pun. Buku ini memberikan gambaran penting bagaimana manusia menyikapi kanker dari masa ke masa.

Nah sobat blog, itulah beberapa buku sains terbaik yang direkomendasikan buat kamu. Dari beberapa buku di atas kamu tertarik membaca yang mana nih? Komen di bawah ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Buku Insecurity is My Middle Name

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel

Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik 2022