5 Rekomendasi Buku untuk Calon Guru

Hai sahabat, jika berbicara mengenai pendidikan, hal ini akan selalu berkaitan dengan siswa dan guru yang mana kedua hal ini tidak akan pernah lepas.

Bagi para guru, mengajar dapat dikatakan sebagai hal yang menyenangkan karena bisa membagikan ilmunya kepada para siswa. Selain itu, para siswa akan merasa senang ketika mendapatkan ilmu pengetahuan atau informasi baru.

Siswa akan mudah menerima suatu ilmu pengetahuan atau informasi, jika seorang guru mampu menjalankan perannya dengan baik. Dalam hal ini, peran yang baik dapat diartikan sebagai mengajar dan mendidik yang tidak membuat para siswa bosan.

Maka dari itu, dalam dunia pendidikan peran guru ini dapat dikatakan cukup krusial karena bisa memengaruhi kecerdasan dan kepribadian bagi para siswanya. Meskipun, sangat krusial dan harus memerhatikan berbagai macam aspek, tetapi menjadi guru bisa dikatakan sebagai salah satu profesi yang mulia.

Namun, menjadi seorang guru tidaklah semudah yang kita bayangkan. Dengan kata lain, untuk menjadi guru dibutuhkan beberapa kualifikasi atau persyaratan yang memenuhi untuk menjadi guru. Syarat perlu untuk dipenuhi agar menghasilkan guru-guru yang berkualitas.

Salah satu hal yang wajib bagi guru adalah membaca. Jangan berharap kamu dapat sharing ilmu dengan tepat tanpa punya kebiasaan membaca yang baik. Oleh karena itu, bacalah buku yang menunjang terhadap proses belajar mengajar sebagaimana yang akan kami rekomendasikan di bawah ini.

1. Sistem Pendidikan Finlandia

Rekomendasi buku pertama adalah Sistem Pendidikan Finlandia. Buku ini menceritakan tentang pengalaman sang penulis yang merupakan Warga Negara Indonesia saat menempuh pendidikan S3 di Finlandia.

Hidup selama 10 tahun di sana membuat Ratih D. Adiputri paham bagaimana kondisi dan sistem pendidikan Finlandia.

Meskipun termasuk negara yang kecil, Finlandia membuktikkan bahwa mereka dapat sukses dalam hal pendidikan. Berdasarkan tes PISA (Programme for International Student Assessment) beberapa tahun terakhir, Finlandia berhasil menempati posisi teratas dengan negara-negara lainnya seperti Cina, Taiwan, Singapura, dan Jepang.

2. Trilogi Negeri 5 Menara

Buku selanjutnya adalah Trilogi Negeri 5 Menara. Buku ini menceritakan tentang perjalanan hidup seorang anak bernama Alif yang merantau dari tanah Minang untuk menempuh pendidikan di sebuah pondok pesantren. Di pesantren itulah, Alif bertemu dengan keempat sahabatnya yang berasal dari daerah dan memiliki latar belakang yang berbeda-beda.

Tidak hanya menceritakan perjuangan lima sahabat menempuh pendidikan di pesantren, buku ini juga menggambarkan kegigihan tiap tokohnya dalam menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Siapa yang menyangka bahwa Alif, tokoh utama dalam cerita ini, bisa bersekolah sekaligus bekerja di Amerika?

3. Pendidikan Karakter di Era Milenial

Buku ketiga adalah Pendidikan Karakter di Era Milenial. Buku ini memaparkan bahwa di era milenial seperti sekarang ini, pendidikan tidak hanya berkaitan dengan kemampuan akademis siswa, tetapi juga tentang moral dan karakter sebagai tumpuan utama untuk diajarkan kepada seorang anak.

Dengan membaca buku ini, Guru Pintar akan mendapatkan insight-insight cara mendidik di era milenial dengan menggunakan pendekatan untuk mengetahui peserta didiknya sehingga siswa tidak akan memandang guru hanya sebatas menjalankan suatu kewajiban saja.

Buku ini akan mengajarkan kepada guru bagaimana cara menghormati, cara memiliki rasa empati, dan lainnya. Pengetahuan-pengetahuan akan sangat berguna saat diterapkan di kelas sehingga siswa kan terbentuk menjadi insan yang berkarakter.

4. Memahami Potensi Otak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Di Tingkat Pendidikan Dasar

Buku berikutnya adalah Memahami Potensi Otak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Di Tingkat Pendidikan Dasar. Buku ini sangat direkomendasikan untuk para guru maupun calon guru sekolah dasar agar lebih memahami potensi otak siswa di jenjang pendidikan dasar ini.

Diharapkan setelah membaca buku ini, Guru Pintar dapat lebih memahami potensi otak manusia dan bagian-bagiannya, dan bagaimana kerja otak menciptakan atmosfer pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mengekspresikan potensi yang ada pada dirinya.

5. Buku Psikologi Pendidikan

Buku terakhir adalah Buku Psikologi Pendidikan. Buku ini akan menyadarkan kamu tentang tujuan pendidikan dasar adalah mempersiapkan generasi muda untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Nah sahabat blog, itulah beberapa rekomendasi buku untuk para calon guru atau pendidik. Semoga bermanfaat.

0 Komentar