5 Rekomendasi Buku Hukum untuk Mahasiswa

Mengingat bahwa buku adalah sumber ilmu pengetahuan, maka tidak heran jika mahasiswa biasanya dituntut untuk banyak membaca buku.

Buku merupakan jendela ilmu, dimana kita mempelajari dan membacanya untuk mendapatkan ilmu yang mungkin belum kita tahu. Selain itu, buku juga dapat menjadi sumber referensi dalam pembelajaran.

Bagi para mahasiswa pasti membutuhkan sejumlah referensi buku-buku untuk menambah pengetahuannya. Salah satunya anak hukum. Anak hukum memerlukan referensi buku untuk memahami literatur hukum. Namun, di sela-sela kesibukan kamu harus tetap menjaga kesehatan yah, buat apa belajar tinggi-tinggi tapi sakit-sakitan. Jaga kesehatan yah.

Nah, di bawah ini kami telah merekomendasikan beberapa buku yang bisa kamu baca untuk mempertanyatakan daya kritis dalam memahami hukum. 

1. About Law – Tony HonorĂ©

Buku About Law ini menjelaskan tentang pengenalan hukum yang paling dasar untuk kamu yang sedang ingin mempelajari hukum. Selaku penulis, Tony Honoré merupakan seorang akademisi hukum yang sangat terkenal, yang telah berhasil memadatkan pengetahuannya untuk memberikan pengantar hukum yang sederhana dan menarik.

Beliau membahas segala macam topik, misalnya, tujuan hukum, cara kerjanya dan ia juga memberikan pengenalan dasar sistem hukum Inggris.

2. Letters to a Law Student – Nicholas McBride

Buku Letters to a Law Student ini berisi kumpulan 'surat' kepada mahasiswa fiktif tentang bagaimana rasanya belajar hukum, dan juga memberikan penjelasan dasar tentang sistem hukum.

Fokus utama dari buku ini adalah memberi tahu bagaimana cara belajar secara efektif, dan McBride memberikan semua jenis saran yang masuk akal dan berguna bagi mahasiswa, mulai dari topik umum yang harus dipahami, hingga hal-hal yang lebih spesifik seperti cara membuat catatan tentang suatu kasus.

Meskipun mahasiswa yang dirujuk dalam buku ini adalah fiksi, tetapi surat-surat tersebut benar-benar ditulis untuk semua calon mahasiswa hukum, sehingga buku ini sangat direkomendasikan.

3. To Kill a Mockingbird – Harper Lee

Buku To Kill a Mockingbird ini bisa menjadi referensi khusus untuk mahasiwa hukum karena isi di dalamnya banyak menceritakan rasisme yang dialami oleh masyarakat Amerika pada tahun 1930-an. Buku ini berbentuk seperti novel.

Karakter utama buku ini adalah Atticus Finch, seorang pengacara yang bertugas membela seorang pria yang dikucilkan dalam lingkungannya.

Tak heran jika buku ini merupakan sumber inspirasi bagi mereka yang bertanya-tanya mengapa hukum itu penting, dan hak harus dilindungi. Pahlawan hukum mengingatkan kita untuk mempelajari hukum.

4. Winning Arguments – Jay Heinrichs

Tema dari buku Winning Arguments ini membutuhkan sedikit penjelasan tetapi memiliki relevansi khusus untuk anak hukum. Sebagian besar pekerjaan yang akan kamu lakukan, baik sebagai mahasiswa ataupun pengacara, yakni akan melibatkan munculnya argumen yang tampaknya benar untuk memberikan representasi yang adil bagi kedua belah pihak.

Isi dari buku ini penuh dengan nasihat bagus tentang bagaimana menyusun ide atau argument menggunakan teknik retorika yang cerdas, dan juga ringan untuk dibaca.

5. Landmarks in the Law – Lord Denning

Buku keterakhir adalah Landmarks in the Law yang ditulis oleh Lord Denning. Buku ini bercerita banyak mengenai peristiwa terbesar dalam hukum Inggris, baik secara hukum maupun historis.

Alasan lain perekomendasian buku ini adalah keterampilan dan prestise penulisnya. Lord Denning dapat dibilang salah satu hakim paling berpengaruh yang pernah ada. Fokusnya adalah membuat hukum dapat diakses oleh orang normal, dan beliau melakukannya dengan bakat luar biasa.

Itulah 5 rekomendasi buku hukum yang cocok untuk para mahasiswa hukum. Semoga membantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Buku Insecurity is My Middle Name

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel

Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik 2022