5 Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik Buat Kamu

 

Psikologi merupakan ilmu yang sangat dekat dengan kita di kehidupan sehari-hari. Ilmu psikologi sering dimanfaatkan untuk memahami diri sendiri dan mencari penyelesaian atas konflik baik dari internal maupun eksternal.

Meski demikian, kamu butuh puluhan atau bahkan ratusan buku disertai pengalaman yang mumpuni untuk benar-benar bisa menjadi psikolog.

Dalam pendidikan psikologi, banyak hal yang akan dipelajari tentang perilaku dan jiwa manusia. Mulai dari istilah-istilahnya, gangguan mental, sikap, respon serta bagaimana mengukur keakuratannya.

Buku-buku dasar tentang psikologi pastinya sudah menjadi kewajiban untuk dipelajari semasa menjadi mahasiswa. Namun, banyak juga buku psikologi fiksi yang akan membuat kamu gak sadar kalau kamu lagi belajar psikologi.

Nah, buat kamu yang ingin memiliki buku psikologi, kami merekomendasi beberapa buku yang pastinya cocok buat kamu. Yuk intip, apa saja sih buku tersebut.

1.The Social Animal (2011)

Buku ini merupakan salah satu buku dengan angka peminat terbanyak di situs Amazon. The Social Animal adalah buku yang membahas ilmu psikologi dasar, khususnya psikis manusia di kehidupan sosial mereka.

Selain itu, buku ini juga sukses menjadi salah satu sumber yang wajib dibaca oleh mahasiswa yang mempelajari psikologi sosial.

2. Influence: Science and Practice (1984)

Buku Science and Practice ini wajib dibaca oleh mereka yang ingin menjadi negosiator yang andal. Bagaimana tidak? Buku karya Robert Cialdini ini membahas tentang psikologi persuasi dan cara manusia saling berinteraksi.

Riset yang dilakukan Cialdini sukses ini menggambarkan bagaimana teknik persuasi yang baik dapat membawa keuntungan bagi individu yang menggunakannya. Cialdini juga membahas cara membela diri dari teknik persuasi yang dimaksudkan untuk mencelakai kita seperti modus-modus penipuan modern.

3. Thinking Fast & Slow (2011)

Rekomendasi buku tentang psikologi berikutnya adalah Thinking Fast & Slow karya Daniel Kahneman.

Pengetahuan yang terkandung di dalam buku ini akan membantu kamu untuk memahami bagaimana proses berpikir itu berlangsung.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan informasi dalam buku ini sebagai sebuah keuntungan apabila kamu ingin mengadopsi pola berpikir dan kebiasaan baru yang baik untuk kesehatan psikis.

4. The Emotional Brain (1996)

Buku psikologi yang satu ini merupakan karya Joseph E LeDoux. Buku ini meneliti konsep di balik emosi manusia serta proses psikis yang membentuknya.

Menurut Study, LeDoux melihat cara kerja biologi dan perilaku manusia untuk mencari petunjuk yang akan mengungkapkan tentang sumber dari semua emosi yang kita rasakan.

The Emotional Brain sering dianggap sebagai pionir dari buku yang membahas mengenai psikologi emosi manusia ini.

5. The Art of Choosing (2010)

Rekomendasi buku psikolog selanjutnya adalah The Art of Choosing. Buku ini berisi sebuah bacaan klasik tentang psikologi manusia ketika akan membuat pilihan dan pengaruh eksternal apa yang mempengaruhi opsi tersebut.

Menurut Sparringmind, buku ini dijamin akan memukau pembacanya dengan gagasan bahwa pilihan yang dimiliki manusia itu sebenarnya bisa sangat membahayakan.

Selain itu, pilihan juga dapat menyebabkan manusia untuk terus menunda keputusan dan melewatkan keuntungan dari pilihan yang ditawarkan.

Itulah 5 rekomendasi buku psikologi yang cocok untuk kamu. Selamat Membaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel

Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik 2022

Novel Laskar Pelangi, Karangan Indah Dari Kehidupan Nyata