5 Rekomendasi Buku Terbaik Tentang Self-Improvement

Setiap orang memiliki keinginan untuk terus belajar, tetapi tidak semua pelajaran bisa didapatkan melalui jalur formal. Maka dari itu, tak heran jika buku tentang self-improvement atau pengembangan diri menjadi salah satu kategori buku yang laris diburu oleh pembeli.

Dalam buku self-improvement, terdapat banyak topik menarik mengenai pengembangan diri, misalnya finansial, kepribadian manusia, kepercayaan diri, cara meningkatkan produktivitas kerja, dan sebagainya.

Nah, buat kamu yang tertarik dengan buku pengembangan diri, berikut beberapa buku self-improvement yang bagus dan wajib kamu baca setidaknya sekali seumur hidup.

1. Berani Tidak Disukai - Ichiro Kisimi & Fumitake Koga

Buku ini memaparkan ajaran dari ahli filsuf Austria abad ke-19, Alfred Adler, tentang bagaimana manusia sebaiknya menjalani hidupnya lewat percakapan antara seorang filsuf dan seorang pemuda. Buku ini juga menjawab fenomena di Jepang yaitu mengisolasi diri di kamar atau ansos (anti sosial) hingga bertahun-tahun.

Insecure atau terlalu memikirkan kata orang lain hingga membuat tak percaya diri menjadikan kita tidak bahagia. Buku ini terdiri dari lima bab, mempelajari cara memahami diri untuk menentukan arah hidup, bebas dari belenggu trauma masa lalu, dan beban ekspektasi orang lain.

Banyak sekali pelajaran penting dari buku ini. Kamu akan dipandu memahami konsep memaafkan diri sendiri, mencintai diri, dan menyingkirkan hal-hal yang tidak penting dari pikiran.

2. What’s So Wrong About Your Self Healing - Ardhi Mohamad

Rasa cemas, kesepian, pasrah, dan sedih pasti sudah pernah kita rasakan sebelumnya. Salah satu hal yang bisa mengobati rasa terpuruk akibat hal tadi adalah self-healing. Namun, apa dengan self-healing saja sudah cukup? Kenapa masih ada emosi negatif itu di saat kita sudah berkali-kali mencoba self-healing? Apa yang salah dari self-healing yang selama ini kita lakukan? Nah, Ardhi Mohamad akan membahas itu semua di dalam buku ini.

Tak hanya membahas mengenai self-healing saja, ia juga mengajak pembaca untuk melihat pentingnya pola asuh orang tua terhadap pola pikir anak. Penggunaan bahasa yang dipakai juga mudah dimengerti oleh para kaum muda. Ia menjelaskan penelitian dan teori yang digunakan tanpa harus bertele-tele.

3. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat - Mark Manson

Untuk kamu yang mudah overthinking, merasa cemas, dan merasa takut, maka kamu perlu baca buku yang ditulis oleh Mark Manson ini. Buku ini akan mengajarkan kamu bagaimana untuk bersikap bijaksana dalam menentukan apa yang perlu kamu pedulikan dan tidak. Mark Manson juga mengangkat fenomena-fenomena zaman kini yang bikin kamu makin merasa relate. Ia memberikan banyak tips untuk mendapatkan kebahagiaan dan hidup yang lebih baik.

Ditulis dan diterjemahkan dengan bahasa yang asyik, buku ini merupakan salah satu buku self-improvement yang paling fenomenal dan terkenal di Indonesia. Buktinya, Buku ini sudah terjual lebih dari 400.000 eksemplar di Indonesia, loh!

4. Grit: Kekuatan Passion dan Kegigihan - Angela Duckworth

Buku yang ditulis oleh Angela Duckworth ini mengajak kita untuk lihat apa saja faktor-faktor yang bisa membantu kita mencapai kesuksesan dan kebahagiaan. Bakat saja tak cukup sehingga harus ada hasrat dan kegigihan yang besar. Ketika semuanya digabungkan, akan hadir grit yang akan membawa kita pada kesuksesan dan kebahagiaan.

Grit bukan hanya berlaku pada individu, tetapi juga bisa pada kelompok. Ia menambahkan bahwa grit bisa dipelajari oleh siapapun yang memiliki keinginan sukses. Para orang tua, pelajar, maupun pengusaha perlu baca buku ini untuk mengenal lebih jauh makna kesuksesan.

5. Merawat Luka Batin - Dr. Jiemi Ardian

Luka batin bisa hadir tanpa kita sadari. Layaknya luka fisik, batin yang terluka juga harus dirawat dan disembuhkan, loh! Namun, tak banyak yang tahu bagaimana cara merawat luka batin. Salah satu caranya adalah dengan memiliki pola pikir yang tepat.

Buku yang ditulis oleh Dr. Jiemi Ardian ini mengajak kita lebih mengenal depresi dan gangguan jiwa lainnya. Beliau membahas lengkap mengenai depresi, baik dari definisi, penyebab, dampak, hingga penyembuhan.

Buku ini juga menyinggung tentang mitos-mitos tentang gangguan jiwa yang masih banyak dipercayai masyarakat. Lebih lanjut, kita akan diajak untuk ikut menghadapi isu ini. Buku ini perlu dibaca oleh siapa saja, terutama bagi mereka yang ingin lebih mengetahui penjelasan tentang depresi, mereka yang ingin mendampingi orang dengan depresi, atau para penyintas depresi.

Nah, itulah beberapa buku self-improvement yang bagus dan wajib kamu baca. Terimakasih telah mengikuti blog kami. Sampai jumpa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel

Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik 2022

Novel Laskar Pelangi, Karangan Indah Dari Kehidupan Nyata