Rekomendasi Novel Persahabatan Terbaik yang Wajib Kamu Baca

Novel adalah sebuah karya sastra berbentuk prosa yang menceritakan suatu cerita dengan narasi panjang berbentuk fiksi maupun non fiksi. Penggemar novel pastinya tahu berbagai genre menarik yang ada di dalam setiap bacaan dan terkadang membuat hati ikut tersentuh pada setiap kalimat yang tertuang.

Cerita yang disuguhkan di dalam novel juga beragam, salah satunya kisah tentang persahabatan. Menghabiskan waktu dengan sahabat, atau mengenang momen berbahagia dengan mereka memang selalu menyenangkan. Apalagi saat masa remaja yang sebagian besar kita habiskan bersama sahabat. Selalu ada momen menyenangkan yang pasti menarik untuk diingat.

Baik canda, tawa, maupun kesedihan biasa kita tumpahkan pada sahabat menjadi momen yang mendewasakan. Rasanya banyak hal menarik yang terjadi selama kita bersama mereka. Banyak momen yang dilalui termasuk momen membahagiakan, hingga momen sedih. Belum lagi sejumlah cerita lucu yang selalu membuat kita ingin kembali ke masa itu, juga membuat pertemanan menjadi semakin berharga.

Jika kamu sudah mulai bosan dengan kisah cinta yang rumit dan menyakitkan, kamu dapat mengubah alur genre bacaan novelmu ke tema-tema yang membahas persahabatan.

Untuk itu, di bawah ini kami telah membahas sejumlah novel tentang persahabatan yang wajib kamu baca. Yuk ikuti usalan kami di bawah ini!

1. Almond – Sohn Won-pyung

Novel ini bercerita tentang Yoonjae yang divonis menderita penyakit alexithymia, kondisi yang membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk merasakan emosi apa pun.  Akibatnya Yoonjae kerap dianggap ‘aneh’, bahkan Yoonjae tidak memiliki rasa takut sama sekali.

Mungkin hal ini akan tampak bagus di beberapa kasus, namun jika tidak mempunyai rasa takut sama sekali, dapat menjadi tanda bahaya bagi seorang manusia. Rasa sepi yang melingkupi kehidupan Yoonjae pada akhirnya dimeriahkan oleh kehadiran Gon, anak nakal sekaligus teman satu kelas Yoonjae.

Pada awalnya, Gon memperlakukan Yoonjae dengan kasar, tapi setelah persahabatan mereka terjalin seiring bertambahnya waktu, Yoonjae dan Gon menjadi semakin memahami satu sama lain dalam hubungan persahabatan mereka. Di mana masing-masing dari mereka memang harus menerima ketidaksempurnaan dirinya masing-masing.

Buku ini tidak hanya membahas soal perjuangan Yoonjae untuk hidup berdampingan dengan penyakitnya, tapi juga ada hubungan persahabatan yang mampu mewarnai kehidupan Yoonjae yang tampak suram dan tidak adil.

2. Happy Ending Machine – Adelina Ayu

Novel ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Shailendra yang kerap mencari dan menemukan ketenangan saat mendatangi wihara Dharma Bhakti daripada harus menghadiri kelas Kebudayaan Italia. Namun, absennya Shailendra di kelas tersebut justru mengharuskan dia bertemu dengan Candrarupa alias Andra.

Sikap Andra yang positif dan periang membuat Shailendra merasa nyaman dan menemukan sosok sahabat yang mampu membuatnya terbuka akan rahasianya. Andra mampu memberikan perhatian yang tulus dan sepenuh hati akan unek-unek Shailendra.

Namun, apakah persahabatan tersebut bisa terus bertahan saat Shailendra mengungkap jati dirinya?

3. Anotasi Ekspektasi – Dharmawati Chen

Novel ini menceritakan tentang persahabatan tiga sekawan, yaitu Vio, Erin, dan Mara. Mereka bertiga kerap berkumpul di kosan Vio hanya untuk sekedar bersenda gurau, makan bersama, hingga menonton drama Korea.

Tidak hanya serba-serbi kehidupan anak kuliah yang dijalani oleh Vio, tapi juga lika-liku kehidupan yang turut menyertainya.

Vio memiliki sosok Opandi yang selalu menjadi penengah sekaligus supporter utama bagai Vio saat dirinya berselisih paham dengan ayahnya. Namun, ketika sebuah kabar buruk datang menghampiri kehidupan Vio yang mulai nyaman, persahabatan Vio dan dua sahabatnya harus diuji dengan konflik akan masa lalu yang penuh dengan luka dan duka.

4. Say Hi! – Inggrid Sonya

Novel ini menceritakan tentang Ribby dan dua orang sahabat laki-lakinya yang bisa dibilang populer di lingkungan sekolah, yaitu Ervan dan Pandu.

Kedua cowok tersebut selalu bisa membuat diri Ribby merasa insecure, sebab tidak ada yang bisa Ribby banggakan jika dibandingkan kedua sahabatnya tersebut yang merupakan idola para gadis di sekolah tempat mereka belajar. Hingga pada akhirnya, Ribby memilih untuk membuat akun Say Hi!, sebuah media sosial perjodohan secara anonim.

Di sana, ia berkenalan dengan Robby yang kerap menyemangatinya untuk lebih percaya diri dengan penampilannya. Saat Ribby mulai berubah, kedua sahabatnya Ervan dan Pandu mulai merasakannya keanehan. Hingga saat Ribby mengajak Robby untuk bertemu, semuanya langsung berubah seketika itu juga.

5. Of Mice And Men – John Steinbeck

Novel ini menceritakan tentang dua orang sahabat yang berprofesi sebagai pekerja peternakan bernama George dan Lennie. Dapat dikatakan mereka adalah dua sosok yang berbeda. George memiliki perawakan yang kecil sementara Lennie mempunyai tubuh yang besar, tapi pola pikirnya masih seperti anak-anak akibat penyakit mental yang dideritanya.

Mereka berdua memiliki mimpi untuk mempunyai tanah sendiri dengan kehidupan yang layak. Namun, suatu ketika Lennie terlibat masalah dengan istri Curley, anak bos mereka.

Meski masalah tersebut bukanlah kesalahan Lennie sepenuhnya, tapi masalah tersebut sangat sulit untuk diselesaikan. Demi melindungi Lennie, Georgie rela mempertaruhkan pekerjaannya agar masalah ini bisa cepat selesai.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik membaca kelima novel persahabatan di atas? Komen di bawah yah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel

Novel Laskar Pelangi, Karangan Indah Dari Kehidupan Nyata

Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik 2022