4 Buku yang Wajib Dibaca Mahasiswa Untuk Menambah Wawasan

Pasti sudah tak asing bagi kamu mendengar pribahasa yang mengatakan bahwa ‘buku adalah jendela duni’. Seiring berjalannya waktu, kebiasaan membaca buku ini perlahan mulai dilupakan terlebih bagi kamu yang sekarang berstatus sebagai mahasiswa.

Padahal, sebagai mahasiswa membaca buku adalah salah satu hal yang sangat penting karena dapat memberikan kamu pengetahuan dan wawasan baru.

Dengan sering membaca buku, maka wawasan kamu akan meluas sehingga meningkatkan kemampuan kamu untuk menjawab berbagai pertanyaan dengan didukung fakta lebih akurat ketika dosen bertanya.

Nah, jika kamu membutuhkan rekomendasi buku maka di bawah ini kamu akan memberikan beberapa daftar buku yang wajib dibaca oleh para mahasiswa. Apa saja sih bukunya? Yuk ikuti penjelasna kami di bawah ini!

1. Bumi Manusia - Pramoedya Ananta Toer

Buku bumi manusia ini menggambarkan tentang kondisi sosial budaya Hindia Belanda ketika awal 1900-an.

Buku ini menceritakan pertemuan Minke dengan Annelies Mellema, wanita Indonesia yang kelak jadi istrinya. Minke juga bertemu dengan Nyai Ontosoroh yang tak lain adalah ibu Annelies yang tak kalah intelek dari wanita Eropa dan memberikan sumbangan pemikiran pada Minke.

Dalam buku ini juga diceritakan pertentangan batin yang dialami oleh Minke tentang pandangannya kepada pendidikan dan pengaruhnya dalam mengubah derajat manusia.

Hal yang menarik dari buku ini yaitu memadukan sejarah Indonesia dan percintaan yang terpadu dalam satu cerita yang harmonis. Gimana keren gak? Buruan baca bukunya langsung.

2. Catatan Seorang Demonstran - Seo Hok Gie

Siapa sih yang gak kenal dengan Soe Hok Gie? Ya, tokoh idealis yang selalu berpegang teguh pada prinsip hingga ajal menjemputnya ini memang menjadi legenda di kalangan mahasiswa dan masyarakat Indonesia. Sehingga banyak mahasiswa yang terkagum dan bercita-cita bisa mempunyai pikiran kritis dan keberanian seperti dirinya.

3. Madilog - Tan Malaka

Buku selanjutnya adalah Madilog. Buku ini sangat cocok untuk para pemuda agar lebih mengenal pemikiran Tan Malaka mengenai gagasan kebangsaan.

Tan Malaka merupakan orang pertama yang menulis konsep Republik Indonesia dalam sebuah buku yang berjudul Naar de Republiek Indonesia tahun 1925. Buku inilah yang menginspirasi Ir. Soekarno untuk memperjuangkan kemerdekaan Tanah Air.

Namun, nahas seorang yang berjasa seperti dirinya malah ditembak mati oleh sebangsanya sendiri. Meski buku ini tercap sangat serius, namun bagi kalian anak muda, buku ini diyakini akan menambah wawasan kalian.

4. Laskar Pelangi - Andrea Hirata

Pasti dari kalian sudah tak asing dengan sebutan ‘Laskar Pelangi’. Ya, film inspiratif Indonesia ini sangat populer di seluruh lapisan masyarakat.

Selain di film, ternyata Laskar Pelangi ini juga di terbitkan di dalam buku loh. Laskar Pelangi ini mengisahkan tentang persahabatan dan perjuangan hidup 10 orang anak di Pulau Belitong dengan karakter unik masing-masing.

Anak yang menjadi sorotan adalah Ikal. Anak ini memiliki potensi besar meski penuh keterbatasan. Pada cerita ini ditemukan berbagai canda tawa serta perjuangan menggapai cita-cita di antara keterbatasan desa sangat menyentuh emosi.

Itulah deretan buku yang wajib di baca oleh para mahasiswa untuk memperluas wawasan, jangan ragu-ragu untuk membeli buku di atas karena akan sebanding dengan apa yang akan kamu terima setelah membaca buku tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel

Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik 2022

Novel Laskar Pelangi, Karangan Indah Dari Kehidupan Nyata