Deretan Tempat Terpanas di Dunia, Suhunya Lebih dari 50 Derajat Celcius

 

Indonesia memang menjadi salah satu negara yang memiliki suhu yang relatif panas. Hal itu karena posisi Indonesia sendiri berada di garis khatulistiwa. Namun, suhu panas di Indonesia nyatanya masih belum seberapa jika dibandingkan tempat-tempat yang ada di sejumlah negara lain.

Bahkan, beberapa tempat tersebut ada yang memiliki suhu panas hingga lebih dari 50 derajat celicius. Kamu penasaran dimana saja tempatnya? Simak informasinya di bawah ini!

Deretan Tempat Terpanas di Dunia

1. Death Valley, California


Di benua Amerika, tepatnya di California, Amerika Serikat terdapat sebuah tempat yang dikenal dengan nama Death Valley. Dari namanya, Kamu mungkin bisa menyimpulkan bahwa ada yang tidak beres dari tempat ini.

Death Valley terletak di gurun Mojave, California merupakan tempat paling kering dan panas di Amerika. Suhu rata-rata di Death Valley adalah 47 derajat celsius, dengan suhu terpanas yang pernah tercatat mencapai 56,7 derajat pada tahun 1913.

2. Ghadames, Libya


Terletak di sekitar oasis, kota ini memiliki suhu rata-rata 40 derajat celsius di musim kemarau, bahkan suhu di sana pernah mencapai 55 derajat celsius.

Meski suhu di Ghadames sangat panas bahkan berbahaya, nyatanya tidak menyurutkan warga Libya untuk bermukim di kota tersebut. Ghadames sendiri merupakan rumah bagi 10.000 orang.

Untuk melindungi diri dari sengatan panas, penduduk membangun rumah yang terbuat dari lumpur. Selain itu, Ghadames juga berhasil menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO dan mendapatkan julukan sebagai "Mutiara Gurun".

3. Timbuktu, Mali


Berada tidak jauh dari gurun Sahara, kota Timbuktu di Mali menjadi salah satu tempat terpanas lainnya yang ada di dunia. Di kota ini, suhu musim dinginnya bisa mencapai 30 derajat celsius atau hampir mendekati suhu Indonesia di musim panas. Sedangkan di musim panasnya, penduduk Timbuktu pernah merasakan panasnya suhu 49 derajat celsius.

4. Dallol, Ethiopia


Pada tahun 1960, Dallol merupakan rumah bagi para penambang sebelum akhirnya ditinggalkan dan berubah menjadi kota hantu. Salah satu alasannya karena udara yang panas dengan suhu mencapai 41 derajat celsius setiap harinya.

Selain suhu, Dallol juga memiliki air mancur panas gas, dan merupakan bagian dari daerah vulkanik aktif.

5. Dash-e-Loot, Iran


Dash-e-Loot adalah nama sebuah dataran tinggi di Iran dan merupakan salah satu tempat dengan suhu terpanas bukan hanya di Iran tapi juga dunia. Pada tahun 2003 dan 2009, pengukuran satelit mencatat suhu di Dash-e-Loot mencapai 159 derajat fahrenheit atau sekitar 70,5 derajat celsius.

6. Kebili, Tunisia


Sama seperti Ghadames, Kebili juga merupakan kota oasis. Kota ini sendiri dikenal dengan perkebunan kurma. Salah satu alasan kurma bisa tumbuh dengan baik di kota ini adalah karena suhunya yang cukup tinggi yaitu lebih dari 40 derajat celsius di musim panas.

Suhu tersebut merupakan suhu rata-rata Kebili di musim panas, sedangkan rekor suhu tertinggi di kota ini adalah 55 derajat celsius. Untuk melindungi dirinya, penduduk kota Kebili memiliki kebiasaan untuk berteduh di bawah naungan pohon palem.

7. Al'Aziziyah, Libya


Libya adalah salah satu negara terpanas di dunia. Libya sendiri memiliki gurun Libya yang sudah 10 tahun lebih tidak pernah terkena air hujan. Selain wilayah gurun, tempat lain yang memiliki suhu sangat tinggi yaitu Al'Aziziyah.

Pada musim kemarau di tahun 1922, suhu di kota ini diklaim mencapai 58 derajat celsius yang membuatnya secara otomatis jadi tempat terpanas di dunia. Namun pada tahun 2012, klaim ini dicabut karena tidak terbukti kebenarannya. Meski begitu, tidak berarti suhu di Al'Aziziyah dingin.

Selama musim kemarau yang berlangsung dari bulan Maret hingga November, suhu di Al'Aziziyah bisa mencapai lebih dari 48 derajat celsius.

Nah, demikianlah informasi seputar tempat terpanas di dunia yang bisa Kamu ketahui. Bagaimana, Kamu berminat mengunjungi salah satunya?

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel

Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik 2022

Novel Laskar Pelangi, Karangan Indah Dari Kehidupan Nyata