Wajib Baca! Berikut Rekomendasi Buku Filsafat Mahasiswa Baru

Sibuk mempersiapkan diri untuk masuk kuliah jurusan filsafat? Setelah masuk ke jurusan filsafat, tentu saja kamu akan disibukan mencari rekomendasi buku filsafat untuk menambah wawasan.

Jangan khawatir, kami akan merekomendasikan beberapa buku filsafat yang bisa kamu dapatkan. Apa saja? Simak ulasan sebagai berikut.

1. Dunia Sophie

Rekomendasi buku yang pertama adalah Dunia Sophie. Pasti kamu udah sudah tidak asing dengan buku yang satu ini bukan? Setiap kali mengunjungi toko buku atau mall, judul buku ini kerap banget loh dipajang.

Ya, Dunia Sophie merupakan sebuah buku karangan Jostein Gaarder. Meskipun tergolong dalam buku fiksi, tetapi buku ini mengangkat dengan apik sebuah tema yang mungkin sulit dipahami, yakni filsafat.

Secara sederhana, buku ini menceritakan tentang perjalanan seorang gadis bernama Sophie yang suatu hari dikejutkan dengan pertanyaan, “Siapakah kamu?”.

2. Orang-orang Aneh

Rekomendasi buku yang kedua adalah Orang-orang Aneh. Buku ini merupakan karya Albert Camus. Sebagian dari kamu mungkin sudah tidak asing dengan nama Albert Camus.

Dalam filsafat, beliau disebut sebagai salah satu filsuf paling berpengaruh yang menggaungkan mazhab absurditas sekaligus nihilisme.

Nah, dalam novel inilah Camus memberi penggambaran paling baik mengenai kehampaan hidup.

3. Catatan dari Bawah Tanah

Rekomendasi buku yang ketiga adalah Catatan dari Bawah Tanah. Buku asal Rusia ini tidak kalah keren dari buku filsafat lainnya. Buku yang ditulis oleh Fyodor Dostoevsky ini akan mengajakmu menelusuri lebih dalam isi pikiran tokoh ‘Aku’ dengan berbagai permasalahan yang rumit dijelaskan secara ilmiah.

Banyak pesan filosofis yang dapat kamu ambil dari buku ini loh guys.

4. Sejarah Filsafat Barat

Rekomendasi buku yang keempat adalah Sejarah Filsafat Barat. Buku yang ditulis oleh Bertrand Russell ini akan mengenalkan berbagai sejarah filsafat mulai dari zaman kuno, zaman pencerahan, bahkan sampai masa kini kepada kamu.

Tulisan di dalam buku ini berupa kajian ilmiah ya guys, jadi cocok banget untuk kamu yang kini masuk ke dalam jurusan filsafat.

Buku ini juga akan memberikan kamu banyak insight seputar mazhab, aliran filsafat, doktrin yang ada di dunia, dan masih banyak lagi.

5. Pengantar Ilmu Filsafat

Rekomendasi buku yang kelima adalah Pengantar Ilmu Filsafat. Buku yang ditulis oleh Louis O. Kattsoff ini akan menjadi bacaan yang wajib banget kamu baca apabila memilih jurusan filsafat di bangku perkuliahan.

Sejauh apa sih pengetahuan kamu mengenai ilmu filsafat, apa yang kamu tahu tentang filsafat, dan masih banyak lagi hal yang mungkin sering kamu pertanyakan di dalam filsafat, akan dijawab dengan gamblang dan jelas dalam buku ini guys.

Oh iya, berhubung ini tergolong sebagai buku akademik maka jangan heran jika kamu juga akan menemukan berbagai insight baru menyangkut filsafat pendidikan yang harus dijalankan manusia.

Nah, itulah beberapa buku filsafat yang perlu kamu baca untuk menambah wawasan, khususnya buat kamu yang mengambil jurusan filsafat. Semoga membantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel

Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik 2022

Novel Laskar Pelangi, Karangan Indah Dari Kehidupan Nyata