Rekomendasi Novel Horor Ciptaan Risa Saraswati

Buat kamu pencinta cerita horor, mungkin sudah tidak asing dengan nama RisaSaraswati. Nama Risa Saraswati sendiri sudah sangat lekat dengan hal-hal yang berbau misteri.

Risa Saraswati merupakan seorang penyanyi serta penulis novel horor yang sudah sangat terkenal di tanah air.

Novel tulisnya telah banyak diadaptasi menjadi film layar lebar. Hampir semua novel yang ia tulis bertema horor, karena beliau disebut sebagai seorang indigo yang mampu berkomunikasi dengan makhluk gaib.

Untuk itu, kami akan mengulas beberapa novel Risa Saraswati yang penuh cerita seram dan menegangkan. Simak penjelasan berikut!

1. Janshen

Novel yang pertama adalah Janshen. Sesuai dengan judul, buku ini menceritakan tentang kisah hidup Si ompong Janshen.

Dalam novel ini, Janshen diceritakan sebagai anak kecil yang dikenal dengan karakternya yang selalu ceria. Ia hampir saja genap berumur enam tahun. Adapun nama lengkap bocah ini Jantje Heinrich Janshen.

Anak laki-laki ini terlahir dari keluarga yang terkenal akan kebaikannya sekalipun dengan kaum pribumi.

Di Hindia Belanda, keluarga Janshen bahkan tak kesusahan saat mencari pegawai untuk toko mereka.

Semua orang sangat menghormati mereka. Ibunda Janshen, Martha seringkali mendapat bonus dari para pedagang pribumi saat ia berbelanja. Martha berpikir, orang tak akan menjahatinya jika dia bersikap baik pada orang lain.

Selain itu, novel ini juga tidak semata-mata mengisahkan kisah hidup Janshen, tetapi juga kakak-kakaknya yakni Lizbeth, Anna, dan Reina.

Mulai dari bagaimana Lizbeth bertahan hidup dengan penyakitnya, persahabatan antara Anna dengan Satirah, hingga kisah cinta Anna dengan guru muda Joshua.

Hingga pada akhir novel diungkapkan tentang bagaimana Anna dan Janshen bertahan hidup di negara jajahan Hindia Belanda sementara orang tua dan dua kakaknya pergi ke Netherland untuk pengobatan Lizbeth dan Reina.

Kegaduhan yang ditimbulkan oleh pasukan Nippon membuat Anna terpaksa menyerahkan diri demi melindungi nyawa Si kecil Janshen.

2. Hans

Novel yang kedua adalah Hans. Hans merupakan salah satu karya Risa Saraswati yang paling banyak ditunggu oleh para pembaca setia novel horor Risa Saraswati.

Novel ini menceritakan tentang konflik semasa hidup Hans. Risa Saraswati membuka gerbang dialog dengan Hans, kemudian Hans mulai menceritakan kisahnya.

Novel Hans ini bermula dari kisah masa kecil Heleen dan Anke. Anke adalah gadis baik hati dan tidak sombong yang berasal dari keluarga terhormat Netherland, sedangkan Heleen merupakan gadis berdarah campuran Netherland dan Irlander.

Semasa sekolah, hanya Anke yang mau berteman dengan Heleen. Hubungan baik mereka masih barlanjut hingga masing-masing memiliki anak.

Namun, ketika Anke mulai berteman dengan Leonore Willem, banyak hal buruk yang terjadi, sehingga menyebabkan persahabatan mereka perlahan retak.

Hingga pada suatu hari Leonore menuduh Heleen yang membunuh Anke padahal Leonorelah yang membunuh Anke.

Dimulailah perjalanan nenek Rosemary dan Hans, hidup berpindah-pindah dengan penuh kekhawatiran dan selalu bertanya-tanya apakah keluarganya masih hidup.

Secara garis besar, novel ini menggunakan alur maju mundur yang membuat bingung pada permulaan cerita.

Beberapa kisah dalam novel ini merupakan lanjutan dari novel Hendrik contohnya Helena, di dalam buku ini tidak dijelaskan siapa helena tapi tiba-tiba ada tokoh bernama Helena. Tentu saja adanya tokoh-tokoh baru dalam novel ini akan cukup membingungkan para pembaca. Oleh karena itu, sebaiknya kamu membaca novel berjudul Hendrik terebih dahulu.

3. William

Novel yang ketiga adalah William. William Van Kemmen merupakan seorang anak kecil yang tampan, apalagi dengan biola yang selalu menemaninya.

Namun, jauh didalam hatinya William merasa kesepian. Semua itu karena perpindahan keluarganya ke Hindia Belanda.

Digambarkan bahwa anak ini sering memiliki tatapan kosong karena kesedihan, tidak ada yang mau berteman dengannya.

Ketika William meninggal, barulah ia merasa bahagia. Akhirnya, ia memiliki teman yang  bernama Peter si anak nakal, Hendrick yang congkak, Hans yang perasa, Janshen si ompong, hingga Risa si anak manusia yang bisa melihat hantu.

4. Peter

Novel yang keterakhir adalah Peter. Peter van Gils adalah satu dari lima sahabat tak kasat mata Risa Saraswati, yaitu William, Hendrick, Janshen, Hans, dan Peter.

Peter merupakan anak hantu keturunan bangsawan Belanda yang tidak bisa diatur, suka memerintah semua teman-temannya, hantu maupun manusia.

Anak ini tidak berbadan kukuh, namun berlagak seolah memiliki badan paling tegap diantara anak-anak yang lainnya.

Bisa dikatakan bahwa Peter adalah pemimpin bagi keempat sahabatnya. Kisah masa lalunya lah yang membuat Peter bersikap seperti itu.

Secara garis besar, novel ini bisa menjadi bacaan yang sangat menarik dan cocok buat kamu para pecinta cerita horor. Cerita ini sangatlah cocok untuk orang-orang yang menyukai fiksi, sejarah, sekaligus kisah nyata. Alur dari cerita ini mudah dimengerti meskipun alurnya berpindah maju-mundur dari masa lalu ke masa sekarang.

Nah, sobat blog… Itulah beberapa novel ciptaan Risa Saraswati yang penuh dengan cerita seram dan menegangkan. Dari beberapa novel di atas kamu tertarik baca yang mana nih? Komen di bawah yah.

0 Komentar