5 Rekomendasi Novel Korea Selatan Yang Wajib Dibaca

Tidak hanya populer dengan industri musik dan filmnya, saat ini Korea Selatan juga sedang menjadi pusat perhatian dalam dunia sastra dan kepenulisan. Salah satunya adalah novel.

Terdapat banyak novel romantis Korea yang bisa bisa dibaca untuk menghadirkan pengalaman membaca yang tidak terlupakan. Beberapa darinya bahkan dijadikan drama juga, loh. Berikut 5 rekomendasi novel Korea terpopuler.

Novel Korea Selatan Yang Paling Popular

1. The Interpreter (Suki Kim)

Novel Korea ini merupakan karya pertama dari Suki Kim, bercerita tentang penerjemah pengadilan Amerika-Korea berusia dua puluh Sembilan tahun bernama Suzy Park. Pada suatu hari dia menemukan satu kasus pengadilan mengejutkan yang akhirnya mengungkapkan misteri pembunuhan orang tuanya. Novel ini masuk ke penghargaan PEN/Beyond Margins.

2. The Vegetarian (Han Kang)

Novel Korea kedua adalah The Vegetarian. Novel Korea ini meraih Man Booker International Prize, penghargaan internasional bergengsi. Buku ini menyajikan tiga babak, yakni The Vegetarian, Mongolian Mark, dan The Flaming Trees.

Novel Korea yang satu ini mengambil sudut pandang suami Hyeong Hye, Mr. Cheong. Mongolian Mark mengambil sudut pandang In Hye, saudari Hyeng Hye, sedangkan bagian ketiga, The Flaming Trees mengambil sudut pandang suami In Hye.

Novel Korea ini menceritakan keputusan Hyeong Hye yang menjadi vegetarian setelah menikah. Hanya saja, karena menerapkan diet tidak sehat, Hyeong Hye kekurangan gizi, tubuhnya kurus, insomnia, dan masalah sosial mulai bermunculan. Secara keseluruhan, novel ini membuat kita menyelami mimpi-mipi kelam dan masa lalu Hyeong Hye yang menyedihkan.

3. Please Look After Mom (Kyung Sook Shin)

Kyung Sook Shin lahir pada 12 Januari 1963. Dia adalah wanita pertama dan orang Korea Selatan pertama yang memenangkan Penghargaan Sastra Orang Asia pada 2012 untuk buku Please Look After Mom.

Kisah ini bermula dari suami-istri yang berangkat ke kota untuk mengunjungi anak-anak yang telah dewasa. Singkat cerita, si istri tertinggal naik gerbong kereta bawah tanah. Si istri itu tidak kunjung ditemukan, membuat keluarga yang ditinggalkan mesti mengatasi trauma akibat kejadian tersebut, membuat mereka menyadari pentingnya peran sang ibu bagi mereka.

4. Fox Girl (Nora Okja Keller)

Novel Korea ini mengisahkan sekelompok anak muda yang ditinggalkan setelah perang Korea. Di antara anak-anak muda itu, ada dua gadis remaja (Hyun Jin dan Sookie) yang menjadi pelacur. Keduanya bertahan hidup dalam dunia gelap dan mencekam.

5. The Moon That Embracing the Sun (Jung Eun Gwol)

Novel Korea Selatan ini pernah diadaptasi menjadi drama Korea dengan judul yang sama. Diceritakan bahwa raja Lee Hwon jatuh cinta pada seorang saman wanita. Namun, kisah cinta mereka begitu sulit, terlebih ketika diketahui bahwa si saman merupakan Putri Mahkota yang dikabarkan meninggal karena sebuah konspirasi.

Oke sobat blog, itulah 5 rekomendasi novel Korea Selatan yang terpopuler. Dari beberapa novel di atas kamu sudah pernah baca yang mana nih? Komen di bawah, ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel

Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik 2022

Novel Laskar Pelangi, Karangan Indah Dari Kehidupan Nyata