5 Buku Bacaan Ringan yang Cocok Dibaca Saat Libur

Pasti sudah tak asing bagi kamu mendengar pribahasa yang mengatakan bahwa ‘buku adalah jendela dunia’. Seiring berjalannya waktu, kebiasaan membaca buku ini perlahan mulai dilupakan terlebih bagi kamu yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa. Padahal, sebagai mahasiswa membaca buku adalah salah satu hal yang sangat penting karena dapat memberikan kamu pengetahuan dan wawasan baru, loh.

Dengan sering membaca buku, maka wawasan kita akan meluas sehingga dapat meningkatkan kemampuan kamu untuk menjawab berbagai pertanyaan dengan didukung fakta lebih akurat ketika dosen bertanya.

Nah, jika kamu membutuhkan rekomendasi buku di bawah ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi buku bacaan ringan yang dijamin ga buat kamu bosan untuk membacanya. Yuk, ikuti ulasan kami di bawah ini!

1. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Rekomendasi pertama ada buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Bentuknya novel, tapi banyak ilustrasinya. Umumnya, buku ini dikenal dengan singkatan NKCTHI di berbagai media. Sempat dijadikan sebuah film, tapi tentu banyak perbedaan cerita antara film dengan bukunya.

Buku ini berisi banyak tulisan tentang kegagalan, kehilangan, tumbuh patah, ketakutan, dan segala hal tentang hiruk pikuk kehidupan. Setiap halamannya disajikan ilustrasi dan motivasi yang tidak membuat jenuh pembacanya. Buku ini berisi 200 halaman. Meski agak tebal, tapi tidak membosankan.

2. MetroPop: Blue Morpho

Dari cover-nya terlihat full color dan menyenangkan. Hal itu juga sesuai dengan isi buku MetroPop: Blue Morpho yang bergenre metropop-romance.

Buku ini menceritakan seseorang bernama Drupadi, yakni perempuan yang telah mendapatkan berbagai pencapaiannya kecuali jodoh jadi cerita utama di buku ini. Ia juga digambarkan tinggal dilingkungan yang toxic, sehingga pertanyaan tentang kapan menikah bukan hanya diterimanya sekali dua kali saja. Namun, akhirnya dia menemui seorang peramal untuk meramalkan siapa jodohnya.

Konflik dalam buku ini ringan dan beberapa halaman menampilkan puisi-puisi. Latar belakang sosok Drupadi juga terkait dengan isu dan pandangan masyarakat Indonesia tentang perempuan yang belum juga menikah, meski usianya sudah matang. MetroPop: Blue Morpho yang berisikan 172 halaman ini cocok untuk kamu baca di sela-sela waktu luang.

3. Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang

Rekomendasi buku selanjutnya adalah Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang. Buku ini merupakan buku kolaborasi lintas generasi antara Sapardi Djoko Damono dan Rintik Sedu yang diterbitkan pada Februari 2020. Sapardi Djoko Damono merupakan sastrawan kelahiran 1940, sementara Rintik Sedu atau Nadhifa Allya kelahiran 1998. Meski terpaut usia yang cukup jauh, keduanya berhasil membuat karya yang luar biasa.

Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang menjadi buku ciamik karena menyatukan dua penulis yang berbeda generasi. Buku ini berisi kumpulan puisi yang saling balas satu sama lain. Sehingga, tulisannya juga tidak akan terlalu banyak. Buku kumpulan puisi ini memiliki 104 halaman.

4. Gadis Minimarket (Convenience Store Woman)

Gadis berusia 36 tahun yang bernama Keiko, diceritakan sebagai pekerja paruh waktu disebuah minimarket dalam buku Gadis Minimarket (Convenience Store Woman). Ia telah bekerja di tempat tersebut selama kurang lebih 18 tahun. Ia juga menjadikan minimarket sebagai bagian dari hidupnya.

Namun, ada yang aneh dengan Keiko. Cara pandangnya yang berbeda membuat Keiko kerap digosipkan yang tidak-tidak. Bahkan ketika Keiko mencoba memperbaiki sikapnya, lingkungannya masih saja menyudutkan. Apalagi di usianya yang ke-36 itu ia belum juga menikah.

Banyak pelajaran tentang stigma masyarakat yang tidak selalu benar dan harus diikuti yang digambarkan dalam buku ini. Gadis Minimarket (Convenience Store Woman) ini memiliki 160 halaman dan sangat direkomendasikan untuk dibaca.

5. Master Your Pain

Buku terakhir ini masuk dalam kategori self improvement atau nonfiksi. Buku Master Your Pain ini memberikan pandangan dan cara bagaimana pembaca bisa menikmati rasa sakit yang dijalani. Sangat direkomendasikan bagi yang mencari hal-hal yang bisa membuatmu kembali bersemangat.

Tulisan dan buku ini mampu menganalisa, memvalidasi, serta membedah berbagai perasaan sedih dan sakit dari sudut pandang yang lain. Penulis juga mengajak pembaca untuk menjadikan rasa sakit itu sebagai kekuatan untuk menjadi lebih hebat. Diiringi juga beberapa referensi dari ayat-ayat Al-Quran dan hadistnya, buku ini punya ketebalan 122 halaman, loh.

Nah sobat blog, itulah beberapa buku bacaan ringan yang kami rekomendasikan buat kamu. Dari beberapa buku di atas kamu tertarik membaca yang mana nih? Komen di bawah yah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Buku Insecurity is My Middle Name

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel

Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik 2022