5 Rekomendasi Buku Jurnalis yang Wajib Dibaca

Buat kamu yang bercita-cita menjadi Jurnalis pastinya memikirkan bagaimana menjadi jurnalis yang baik dan mencari berbagai referensi untuk menggali ilmu Jurnalistik. Bukan begitu?

Jangan khawatir kami akan membantu kamu menggali ilmu Jurnalistik melalui beberapa rekomendasi buku jurnalis di bawah ini. Buku-buku ini akan membantu kamu mengembangkan keterampilan dan pengetahuan sebagai ciri khas jurnalis yang unggul.

Lantas, apa saja sih bukunya? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan berikut ini!

1. Jurnalisme Dasar - Luwi Ishwara

Rekomendasi buku yang pertama adalah Jurnalisme Dasar - Luwi Ishwara. Buku ini menyajikan bagaimana ciri jurnalisme dan memuat ringkasan tentang intisari dari Sembilan elemen jurnalisme Kovach Rosenstiel.

Selain itu, buku ini juga berisi mengenai perkembangan jurnalisme di berbagai belahan dunia secara runut.

Menurut penulis dari buku ini, sebagai seorang jurnalis harus memiliki sikap skeptis. Yang dimaksud adalah mempertanyakan segala sesuatu hal, meragukan apa yang diterima, dan mewaspadai segala kepastian agar tidak mudah ditipu.

2. Bahasa Jurnalistik - Drs. AS Haris Sumadiria M.Si

Rekomendasi buku yang kedua adalah Bahasa Jurnalistik - Drs. AS Haris Sumadiria M.Si. Bahasa merupakan salah satu senjata mereka. Hal ini dikarenakan beberapa tulisan maupun kata yang dilontarkan dapat menjadi peluru.

Maka dari itu, penulis menyajikan bahwa sebagai jurnalis juga perlu menguasai bahasa jurnalistik yang bak dan benar. Seperti menguasai kosa-kata, ejaan, pilihan kata, kalimat, dan paragraph.

3. The Journalist - Zaenuddin HM

Rekomendasi buku yang ketiga adalah The Journalist - Zaenuddin HM. Yang selalu menjadi permasalahan dalam buku ini adalah penyebaran HOAX. Padahal hal ini dapat memprovokasi pembaca atau pendengarnya.

Selain itu, buku ini juga memberitahu pembaca bahwa di Indonesia masih sangat marak dengan adanya berita HOAX yang selalu terjadi. Buku ini sangat direkomendasikan untuk jurnalis agar berhati-hati dengan tulisan yang mereka publish.

4. Karena Jurnalisme bukan Monopoli Wartawan - Rusdi Mathari

Rekomendasi buku yang keempat adalah Karena Jurnalisme bukan Monopoli Wartawan - Rusdi Mathari. Buku ini sama dengan buku sebelumnya yaitu menyajikan HOAX yang selalu muncul dan membuat beberapa orang percaya dengan berita yang disajikan tentu membuat jurnalisme berada pada hal yang menegangkan. Dalam buku ini penulis membaca situasi tersebut dan menajukan berbagai refleksi serta kritik untuk dunia media dan jurnalisme.

5. ‘A9AMA’ Saya Adalah Jurnalisme - Andreas Harsono

Rekomendasi buku ketarakhir adalah ‘A9AMA’ Saya Adalah Jurnalisme - Andreas Harsono. Pada buku ini penulis banyak memberikan kritikan terhadap praktik jurnalisme media-media di Indonesia. Selain itu dalam buku ini kamu dapat melihat berbagai topik tulisan yang dikelompokkan ke beberapa tema besar seperti laku wartawan, penulisan, dinamika ruang redaksi, dan peliputan.

Nah sobat blog, itulah beberapa rekomendasi buku jurnalis yang perlu kamu ketahui khususnya untuk para calon jurnalis. Selamat membaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Buku Insecurity is My Middle Name

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel

Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik 2022