5 Rekomendasi Buku tentang Kesehatan Mental

Membaca buku merupakan salah satu kegiatan positif yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu luang. Agar tidak selalu berhadapan dengan layar ponsel. Misalnya saja membaca buku kesehatan mental yang bisa membantu para remaja untuk lebih memahami dunia yang sedang ia jalani saat ini.

Memasuki usia remaja, anak akan mengalami masa peralihan dari anak-anak ke dewasa muda. Sehingga memerlukan banyak pelajaran untuk menjalani hidup dengan baik. Melalui ragam buku yang anak baca, mereka pun bisa lebih memperkaya diri dan menyiapkan dirinya untuk menghadapi dunia ke hidupan remajanya.

Nah, buat kamu yang sedang cari referensi buku tentang kesehatan mental, kami akan merekomendasikan beberapa buku buat kamu. Tunggu apalagi, yuk ikuti ulasan berikut ini!

5 Buku tentang Kesehatan Mental

1. The Body Keeps the Score

Rekomendasi buku yang pertama adalah The Body Keeps the Score. Buku ini menjelaskan tentang trauma, dimulai dari masa pengasuhan hingga trauma dalam medan perang yang ternyata memiliki kesamaan pola. Trauma yang tidak diselesaikan akan berdampak pada tubuh dan memengaruhi bagaimana seseorang memproses emosinya.

Permasalahan trauma tidak sesederhana move on yang dapat ditangani dengan bersyukur atau sekedar memaafkan. Trauma memiliki dampak besar pada tubuh yang perlu ditangani dengan serius.

Secara neurosains, terjadi perubahan yang nyata pada tubuh saat kita mengalami trauma. Dari perubahan itulah kita dapat mengetahui arah untuk mencapai pemulihan.

Tak hanya itu, buku ini juga menjelaskan secara ilmiah apa saja yang bisa dilakukan dalam proses pemulihan trauma. Hal yang saya suka dari buku ini adalah adanya penjelasan tentang fenomena yang terjadi saat trauma dari sudut pandang ilmu pengetahuan modern.

2. I Want to Die But I Want to Eat Tteopokki

Rekomendasi buku yang kedua adalah I Want to Die But I Want to Eat Tteopokki. Buku ini direkomendasikan buat kalian yang terlalu lama menganggap diri rendah, tidak bahagia, penuh kritik terhadap diri sendiri, dan tidak mencintai diri. Buku ini hadir dengan cerita perjalanan individu yang mengalami perasaan-perasaan tersebut.

Esai ini dituliskan dalam bentuk pertanyaan refleksi dari penulis kepada dirinya. Namun, sebagai pembaca kita juga dapat merasakan kegamangan dan kegalauan perasaannya. Ada banyak pelajaran yang dapat diambil dari perjalanan penulis mengobati kegalauannya ini. Saat membaca buku ini, kita seperti diajak mengenali pikiran sendiri dan menyadarinya.

Bagi beberapa orang, buku ini mungkin dianggap berlebihan karena banyak sekali yang penulis pikirkan dalam kesehariannya. Namun, hal itu adalah realita bagi orang yang sedang mengalami masalah.

3. Â Gelombang Lautan Jiwa

Rekomendasi buku yang ketiga adalah  Gelombang Lautan Jiwa. Buku ini merupakan psikomemoar atau catatan perjalanannya sebagai seorang yang mengalami skizofrenia.

Anta Samsara, menuliskan kisahnya, kisah nyata saat dirinya berusaha lepas dari stigma dan derita batinnya. Ia bangkit dan mencoba meraih kemenangan jiwa.

4. Kim Ji-Yeong, Lahir 1982

Rekomendasi buku yang Kim Ji-Yeong, Lahir 1982. Buku asal korea ini bercerita tentang seorang wanita bernama Kim Ji Young. Ia mengalami banyak konflik dalam hidupnya, bahkan terpaksa meninggalkan pekerjaannya karena hami dan harus menjadi ibu rumah tangga.

Banyak hal membuat Ji-young perlahan kehilangan jati diri lantaran ‘terperangkap’ dalam rutinitas sehari-hari, hingga pada akhirnya ia mengalami depresi.

5. Garis Lurus

Rekomendasi buku terakhir adalah garis lurus. Buku ini menceritakan seorang pria bernama Miko yang mengidap asperger dan Obsessive Compulsive Disorder (OCD).

Ia berusaha menjalani hidupnya hingga di satu titik, sebuah surel membawa Miko dalam perjalanan yang kemudian mengubah hidupnya.

Momen itu menjadi awal yang membawa Miko ke titik terbaik dalam hidupnya. Mempertemukan orang-orang yang mengajarinya tentang rasa dan menjadi manusia di atas segalanya, mengajarinya tentang cinta.

Nah sobat blog, itulah beberapa buku tentang kesehatan mental yang direkomendasikan buat kamu. Dari beberapa buku di atas kamu berminat membaca yang mana nih? Komen di bawah yah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Buku Insecurity is My Middle Name

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel

Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik 2022