5 Rekomendasi Buku Sejarah Dunia Terbaik

Bagaikan pintu Doraemon yang bisa kemana saja, buku sejarah dunia adalah jalan untuk melihat dunia tanpa harus membeli tiket pesawat. Meskipun kamu belum pernah menyinggahi tempat tersebut, buku sejarah dunia dapat membantu kamu memahami detail-detail peristiwa. Inilah kekuatan utama dari buku sejarah dunia.

Selain Sejarah Dunia yang Disembunyikan, masih banyak judul buku sejarah dunia lainnya yang bagus untuk dibaca. Kamu dapat mempertimbangkan bahasa serta topik sejarah yang dibahas, contohnya perang dunia dan asal-usul manusia.

Nah, buat kamu yang sedang mencari referensi buku sejarah dunia, kami akan merekomendasikan beberapa buku terbaik buat kamu. Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

1. Sapiens

Rekomendasi buku sejarah yang wajib dibaca adalah Sapiens. Jika penasaran dengan sejarah manusia dari masa ke masa hingga sekarang buku dari Yuval Noah Harari ini bisa masuk wishlist kalian. Pasalnya, Sapiens mengandung kisah sejarah manusia dengan berbagai perkembangannya.

Ratusan ribu tahun lalu manusia memiliki beberapa spesies. Namun dalam buku ini akan dibahas mengenai Homo Sapiens, spesies manusia yang mampu bertahan hidup di bumi sampai sekarang.

Melalui perkembangan sejarah manusia dari masa ke masa yakni revolusi kognitif, pertanian dan ilmiah kalian akan melihat betapa sejarah tersebut memberi dampak signifikan pada kehidupan manusia bahkan makhluk lainnya. Buku ini memiliki versi bahasa Indonesia dengan jumlah halaman sebanyak 544.

2. Sejarah Sumatera

Jika kamu menyukai buku-buku sejarah Indonesia, Sejarah Sumatera adalah salah satu buku yang wajib kamu baca. Karena buku Sejarah Sumatera membahas mengenai kisah sejarah pulau Sumatera karya William Marsden. Pada buku ini, penulis menjelaskan mengenai terbentuknya nama Pulau Sumatera, masyarakat Sumatera, asal usul nama-nama daerah di Sumatera hingga bahasa Melayu yang berkembang di wilayah Sumatera.

Buku Sejarah Sumatera ini bisa memberi wawasan baru mengenai sejarah pulau Sumatera dengan berbagai asal usulnya pada masa pemerintahan kolonial.

3. Sejarah Seni Rupa Bali

Jika kamu merupakan salah satu orang yang gemar terhadap seni, buku berjudul Sejarah Seni Rupa Bali wajib banget kamu baca. Karena Sejarah Seni Rupa Bali masuk dalam rekomendasi buku sejarah terbaik dan menarik.

Buku yang ditulis oleh Dr. Drs. I Ketut Supir, M. Hum akan mengungkap mengenai sejarah seni rupa Bali dari masa ke masa baik prasejarah, zaman kolonial hingga modern yang mana tidak lepas dari pengaruh budaya-budaya luar.

Namun perupa Bali berusaha menjaga ciri khas seni rupa Bali tersebut di tengah berkembangnya perubahan yang revolusioner. Sehingga buku Sejarah Seni Rupa Bali akan menjawab rasa penasaran kalian mengenai asal usul seni rupa Bali yang begitu menakjubkan.

4. Sejarah Teh: Asal Usul dan Perkembangan Minuman Favorit Dunia

Rekomendasi buku selanjutnya adalah Sejarah Teh: Asal Usul dan Perkembangan Minuman Favorit Dunia. Buku ini akan mengungkap mengenai asal usul teh yang menjadi minuman paling favorit di semua negara.

Tak hanya itu, buku ini juga akan mengungkap asal usul teh pada masa Dinasti Tang hingga kini dijadikan minuman favorit untuk jamuan. Dalam buku ini kalian akan menemukan fakta dibalik minuman teh hingga tersebar ke berbagai negara dunia baik Asia hingga Eropa serta mengenai tradisi minum teh yang cukup menarik.

5. China: Warisan Klasik dan Daya Dinamis yang Menggetarkan Dunia

Rekomendasi buku sejarah terakhir adalah China: Warisan Klasik dan Daya Dinamis yang Menggetarkan Dunia. Buku yang ditulis oleh Jusra Chandra ini membahas mengenai sejarah China dari masa prasejarah hingga dikenal sebagai negara yang terus berevolusi sampai sekarang.

Tak hanya itu, ada juga pembahasan mengenai pemikiran-pemikiran peradaban China yang bakalan memberimu wawasan baru. Sementara itu kalian juga akan mengetahui bagaimana bangsa China menghadapi pengaruhnya dari budaya dan peradaban luar. Serta sejumlah konflik dengan negara lain yang mana juga dibahas dalam buku China: Warisan Klasik dan Daya Dinamis yang Menggetarkan Dunia.

Nah sobat blog, itulah beberapa buku sejarah dunia terbaik yang direkomendasikan buat kamu. Dari beberapa buku di atas, kamu tertarik membaca yang mana nih? Komen di bawah yah.

0 Komentar