5 Rekomendasi Novel Bertema Pendidikan yang Penuh Motivasi

Novel merupakan salah satu karya sastra yang cukup diminati masyarakat. Tak hanya bagi anak-anak, karya sastra ini hampir tak pernah habis dibatasi usia. Novel dinikmati oleh seluruh kalangan mulai dari anak-anak, kawula muda, hingga dewasa.

Novel menjadi karya sastra populer lantaran kebanyakan ceritanya mengusung kepada kehidupan sehari-hari. Sehingga, amanat tersirat yang diberikan dapat langsung diterapkan dan menjadi pelajaran bagi seluruh pembacanya.

Karya sastra berjenis novel memilki berbagai macam genre. Genre yang paling banyak ditemukan antara lain adalah percintaan, persahabatan, keluarga, hingga pendidikan.

Seluruh genre tersebut tentu memiliki sifat berbeda-beda. Ada yang mengharukan, mengundang gelak tawa, hingga memberikan wawasan pengetahuan yang luas. Hal tersebut juga didukung dengan gaya penulisan masing-masing penulisnya.

Salah satu genre paling menarik, banyak disukai dan bermanfaat adalah pendidikan. Novel pendidikan tidak hanya bersifat menghibur, tetapi juga mengandung unsur mendidik yang cukup kental di dalamnya. Sehingga, genre ini sangat relevan jika dibaca para kawula muda dan digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Nah, buat kamu yang sedang menjadi referensi novel pendidikan yang menarik, kami akan merekomendasikan beberapa novel pendidikan terbaik buat kamu. Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

1. Laskar Pelangi

Novel Laskar Pelangi adalah novel karya penulis Andrea Hirata. Buku ini berkisah tentang kehidupan 10 anak yang tidak mampu, tetapi memiliki semangat juang untuk melanjutkan pendidikannya di kampung Gantung, Kepulauan Bangka Belitung.

Meskipun fasilitas sekolah seadanya tidak membuat anak-anak tersebut patah semangat untuk mengejar impian. Mereka semakin kerja keras menunjukkan segala upaya untuk menjadi sukses.

2. Never Let Me Go

Rekomendasi novel yang kedua adalah Never Let Me Go. Novel ini bergenre pendidikan yang penuh misteri mencekam. Pasalnya, kisah dalam novel ini juga mengandung kritik pedas tentang kesombongan manusia.

Novel ini menceritakan tentang sebuah sekolah asrama Hailsham yang berada di Inggris. Sekolah ini menyenangkan dan jauh dari peradaban. Sastra dan seni menjadi spesialisasi yang diajarkan kepada murid-murid. Mereka juga dituntut agar dapat menjadi orang yang berguna di masyarakat nantinya.

semua hal ini tidak diiringi pengajaran terhadap dunia luar. Alias, murid-murid Hailsham sama sekali tak tahu apa pun tentang orang luar dan cara bersosialisasi yang umumnya kita ketahui.

3. 9 Summers 10 Autumns

Novel Summers 10 Autumns ini diangkat dari kisah nyata dan pengalaman hidup penulisnya sendiri. Dalam novel diceritakan perjalanan hidupnya yang berbuah sukses karena pendidikan. Seorang anak laki-laki yang berhasil mendapat beasiswa dan meniti karier New York diceritakan sedemikian rupa.

4. Orang-orang Biasa

Novel selanjutnya adalah Orang-orang biasa. Novel ini menceritakan tentang sepuluh anak bodoh yang miskin, duduk di barisan paling belakang di kelasnya, mempunyai nilai hasil ujian yang jeblok, dan selalu kena marah oleh guru-gurunya.

Hal ini tetap sampai mereka dewasa. Mereka memilih untuk merampok bank demi membantu salah satu anak yang ingin masuk ke fakultas kedokteran. Perampokan ini pun berisiko tinggi karena rencana mereka yang tak matang. Menarik bukan?

5. Edensor

Rekomendasi novel terakhir adalah Edensor. Novel ini menceritakan perjuangan murid bernama Ikal dan Arai. Di dalamnya diceritakan bahwa mereka berdua sukses mendapatkan beasiswa di Universitas Sorbonne Perancis dalam dua ilmu yang berbeda.

Dari novel ini kita mendapatkan amanat bahwa dari latar belakang apa pun, seseorang dapat meraih mimpinya ketika ia mau berusaha dan belajar dengan tekun.

Oke sobat blog, itulah beberapa novel pendidikan yang direkomendasikan buat kamu. Dari beberapa novel di atas, kamu tertarik membaca yang mana nih? Komen di bawah yah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Buku Insecurity is My Middle Name

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel

Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik 2022