5 Rekomendasi Buku Digital Marketing Terbaik yang Wajib Dibaca

Sudah bukan rahasia lagi jika digital marketing saat ini sangat penting untuk bisnis dan awareness sebuah brand. Tak heran jika kebutuhan akan digital marketing ini membuat banyak orang akhirnya memutuskan untuk pindah karir menjadi seorang digital marketer.

Akses belajar digital marketing juga sudah sangat banyak saat ini. Salah satunya lewat buku digital marketing. Untuk itu, pada artikel kami membahas beberapa rekomendasi buku digital marketing yang cocok untuk kamu yang ingin belajar. Namun sebelum itu, kita kenalan dulu dengan apa itu digital marketing dan kenapa kamu harus belajar digital marketing.

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing merupakan segala aktivitas atau tindakan mempromosikan produk dan layanan melalui saluran digital, seperti media sosial, SEO, email, dan aplikasi seluler. Umumnya, segala bentuk pemasaran yang melibatkan perangkat elektronik dianggap pemasaran digital.

Menurut Google, sudah 88% orang telah melakukan pencarian lokal di smartphone mereka mengunjungi toko terkait di minggu depan. Dengan fakta, tentu kamu akan kehilangan kesempatan untuk mendatangkan traffic lebih banyak jika tidak memiliki aktivitas digital marketing.

Selain itu, digital marketing juga menyediakan akses ke lebih banyak data dan analitik tentang pelanggan kamu, bagaimana mereka menavigasi siklus pembelian, dan apa yang mereka inginkan.

Dengan beragam keunggulan digital marketing, tentu ini menjadi peluang untuk siapapun yang ingin belajar dan berkarir sebagai digital marketer.

Rekomendasi Buku Digital Marketing

1. The Age of Influence (Neal Schaffer)

Rekomendasi buku yang pertama adalah The Age of Influence (Neal Schaffer). Dalam The Age of Influence, Neal Schaffer, pakar pemasaran media sosial yang diakui secara internasional menjelaskan Influencer memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap sebuah bisnis.

Influencer marketing merupakan sebuah strategi pemasaran produk dengan memanfaatkan seorang influencer untuk memasarkan produk atau jasa dalam sebuah bisnis. Dan influencer itu sendiri merupakan seseorang yang dianggap mampu memberikan influence/pengaruh ke orang lain untuk melakukan suatu tindakan.

Dalam konteksnya, biasanya mereka yang bersal dari kalangan artis, selebgram, model, public figure, dan lain-lain karena memang memiliki pengikut (followers) yang banyak.

2. Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing

Rekomendasi buku yang kedua adalah Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing.

Buku yang ditulis oleh Simon Kingsnorth bisa digunakan sebagai panduan memulai digital marketing. Kamu akan mengenal berbagai strategi untuk mengelola channel digital marketing. Pada dasarnya, digital marketing dapat disimpulkan dalam tiga konsep, yaitu perencanaan, integrasi, dan terukur.

3. Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice

Rekomendasi buku ketiga adalah Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. Buku yang ditulis oleh Dave Chaffey serta Fiona Ellis-Chadwick. Mereka menjelaskan elemen-elemen dalam digital marketing, mulai dari internet, media digital, atau teknologi marketing yang berkaitan dengan pemasaran digital dimuat dalam buku ini.

Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice juga menjelaskan bahwa digital marketing membutuhkan perencanaan yang matang. Buku ini juga tentunya di-update setiap tahun mengikuti perkembangan marketing.

4. Hacking Gro

Rekomendasi buku yang keempat adalah Hacking Gro. Hacking Growth adalah buku digital marketing yang ditulis langsung oleh pelopor growth hacking, sebuah metodologi terbaik untuk mengembangkan bisnis termasuk di dunia, khususnya Silicon Valley pada waktu itu. Dua orang tersebut adalah Sean Ellis dan Morgan Brown.

Sean Ellis merupakan orang yang telah membangun pertumbuhan beberapa startup sukses di dunia dari nol hingga IPO, seperti LogMein dan Uproar. Sedangkan, Morgan Brown adalah growth product manager dari Facebook yang membantu pemasaran FB lebih dari 15 tahun, tentu dengan berbagai terobosan menarik yang membuat FB sangat terkenal di dunia.

Buku Hacking Growth berfokus pada interaksi dari pelanggan, mulai dari cara menjangkau mereka, mempertahankan, melibatkan hingga menghasilkan uang dari mereka.

5. Marketing 4.0 (Philip Kotler)

Rekomendasi buku terakhir adalah Marketing 4.0 (Philip Kotler). Buku ini membahas mengenai pemasaran yang harus beradaptasi dengan perubahan alami dalam perjalanan pelanggan dalam ekonomi digital. Buku ini dimulai dengan diskusi yang memberikan pemahaman kepada pemasar.

Sebelum menjual produk sebagai pemasar potensial, kamu harus terlebih dahulu memahami lingkungan bisnis yang berubah. Selain memberikan panduan untuk memahami pasar yang semakin dinamis, buku ini memberikan banyak wawasan bagi pemasar untuk direnungkan.

Dengan membaca buku Marketing 4.0 ini kamu dapat memperluas wawasan kamu tentang ilmu pemasaran. Buku ini adalah titik awal untuk memahami konsumen saat ini yang paham teknologi, paham produk, penuh perhatian, dan lebih suka berbagi pro dan kontra merek.

Nah sobat blog, itulah beberapa buku digital marketing yang direkomendasikan buat kamu. Selamat membaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Buku Insecurity is My Middle Name

Novel Laskar Pelangi, Karangan Indah Dari Kehidupan Nyata

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel