5 Rekomendasi Buku Kimia Dasar yang Wajib Dimiliiki Mahasiswa MIPA

Haiii sahabat blog, buat kamu yang sedang kebingungan mencari referensi buku Kimia dasar gausah bingung-bingung lagi ya, karena kamu sedang berada di artikel yang tepat. Pada artikel kali ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa buku kimia dasar untuk mahasiswa baik untuk mahasiswa MIPA ataupun rumpun saintek yang lainnya.

Buku kimia dasar setiap jenjang pendidikan punya standara baku penyampaian materi. Cakupan materi di dalamnya pun juga mengulas beberapa materi, seperti mempelajari dan mengenal tentang senyawa, unsur dan campuran dan masih banyak lainnya.

Lantas apa saja sih bukunya? Penasaran kan? Yaudah yuk simak ulasan berikut ini!

1. Buku Kimia Dasar

Buku Kimia Dasar Kuliah yang wajib kamu baca dan kamu miliki adalah karya Heny Ekawati Haryono M.Pd. Buku ini akan fokus pada reaksi kimia. Dikatakan reaksi kimia apabila terjadi perubahan reaksi satu dengan yang lainnya. Kelebihan buku ini akan mempelajari banyak perubahan reaksi.

Buku setebal 142 halaman ini akan mengulas mengenai kesetimbangan kimia dan akan memperkenalkan perubahan wujud zat.

Terkait dengan perubahan wujud zat, mungkin kamu sudah sering menemukan. Misalnya kasus perubahan zat dari es batu menjadi air dan masih banyak lagi.

2. Buku Kimia Asam-Basa Berbasis Kontekstual

Buku ini berfokuas untuk mempelajari materi asam basa. Dengan mempelajari materi tersebut, diharapkan mahasiswa dapat memiliki modal untuk dapat mempelajari materi selanjutnya.

Banyak sekali materi yang diperlajari dalam buku ini, antara lain sebagai berikut:

Analisis kuantitatif

Volumetri (Titrasi)

Gravimetri

- BAB 2 – Titrasi Asam Basa

- BAB 3 – Titrasi Pengendapan

- BAB 4 – Titrasi Kompleksometri

- BAB 5 – Titrasi Redoks

- BAB 6 – Gravimetri

Pastinya dalam masing-masing bab dijelaskan mulai dari teori sampai pelaksanaan dalam lab, sehingga diharapkan peserta didik (Mahasiswa) dapat memahami secara penuh.

3. Buku Ekperimen Kimia Sederhana

Rekomendasi buku kimia selanjutnya adalah Ekperimen Kimia Sederhana. Buku ini cocok untuk kamu mahasiswa pendidikan kimia atau mungkin akan KKN dan ingin mengajarkan tentang ilmu kimia kepada siswa secara sederhana dan seru. Buku ini berjudul eksperimen kimia sederhana panduan praktikum untuk guru dan siswa.

Tak hanya itu, buku ini juga menyajikan total 18 eksperimen kimia sederhana yang digunakan sebagai panduan pembelajaran Kimia. Eksperimen-eksperimen tersebut, yakni pembuatan ekstrak kunyit, pembuatan indikator kertas curcumin (curcumin strips), pembuatan larutan kalsium hidroksida (Ca (OH)2), perubahan kimia, sifat fisik senyawa ion dan senyawa kovalen, hukum Lavoisier, identifikasi larutan elektrolit dan nonelektrolit, identifikasi larutan elektrolit dan nonelektrolit pada berbagai produk, faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, dan masih banyak lagi.

4. Buku Biokimia Pangan Dasar

Sama seperti namanya, buku ini mengulas mengenai pangan. Pangan menjadi sumber makanan utama bagi manusia, sekaligus sebagai penyambung hidup manusia untuk melanjutkan regenerasi dan reproduksi.

Dibalik makanan yang sehat dan baik, buku tersebut harusnya memiliki kandungan yang baik. Maka, lahirlah ilmu tentang biokimia pangan.

Ilmu biokimia pangan adalah gabungan dari berbagai ilmu, mulai dari ilmu kesehatan, kedokteran, kimia, biologi dan ilmu-ilmu lainnya. Adapun ilmu lain yang mempengaruhi ilmu biokimia lain seperti adannya dukungan instrumen seperti tes Magnetic resonance imaging (MRI) dan masih banyak lainnya.

5. Buku Kimia Lingkungan

Rekomendasi buku terakhir adalah Kimia Lingkungan. Buku yang diciptakan oleh Ayu Dewi ini fokus mengulas tentang kimia lingkungan. Diantarannya mengulas tentang hidrosfer, litosfer dan atmosfer. Jadi mengulas tema yang setiap hari bersinggungan langsung dengan manusia.

Buku setebal 199 halaman ini juga mengulas tentang siklus biogeokimia, toksikologi kimia dan narkoba juga loh. Bahkan tema lain seperti carbon trading, microscale laboratory dan sumber daya alam juga masuk dalam pembahasan didalam buku ini.

Tak hanya itu, buku ini juga mengulas tentang unsur hara dalam tanah yang dapat diserap oleh akar dalam bentuk larutan. Intinya, buku ini mengulas banyak sekali hal kimia yang diambil dari lingkungan terdekat, dan yang memberikan pengaruh yang sangat penting untuk kehidupan bersama.

Nah sahabat blog, itulah beberapa buku kimia dasar yang direkomendasikan buat kamu. Selamat membaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Buku Insecurity is My Middle Name

Novel Laskar Pelangi, Karangan Indah Dari Kehidupan Nyata

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel