5 Rekomendasi Buku Literasi Terbaik dan Terpopuler

Hai sahabat blog, apa kabar nih? Apakah kamu tahu. Ternyata ada hari literasi dunia, loh. Ya, 8 September ditetapkan menjadi hari literasi dunia menurut UNESCO yang memiliki tujuan bahwa setiap orang mendapatkan kesadaran akan pentingnya melek huruf.

Umunya setiap orang akan berfikir bahwa literasi berhubungan dengan buku saja, namun sebenarnya hal ini memiliki makna yang sangat luas. Kamu bisa memainkan chord tak ingin usai

Menurut KBBI, literasi adalah kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Mudahnya literasi tidak hanya membaca dan menulis, tetapi juga berbicara, menghitung, mendengarkan, dan memecahkan masalah.

Buku sendiri merupakan salah satu benda yang tak lepas dari istilah “literasi” sebagai jendela pengetahuan, buku tentu selalu memberikan informasi yang luas. Nah buat kamu yang sedang mencari referensi buku untuk literasi, kami akan merekomendasikan beberapa buku literasi terbaik yang wajib kamu baca. Yuk, simak ulasan di bawah ini!

1. Amba - Laksmi Pamuntjak

Rekomendasi buku yang pertama adalah Amba. Amba adalah novel debut dari Laksmi Pamuntjak. Noverl ini menceritakan tentang hubungan asmara Amba dan Bhisma.

Di tahun 1965, hubungan mereka terputus akibat ketegangan dan kekerasan politik setelah Peristiwa G30S di Kediri dan Yogya. Bhisma menghilang dan Amba pun mencarinya hanya untuk menemukan bahwa ia menghabiskan sisa hidupnya di pengasingan.

2. Big Magic - Elizabeth Gilbert

Rekomendasi buku yang kedua adalah Big Magic. Kreativitas adalah dunia yang penuh misteri. Baik itu menulis buku, membuat lagu, atau melukis, selalu ada tantangan dalam menyelesaikannya.

Untuk itulah diperlukan penanganan khusus untuk bisa membuat ide menjadi sesuatu yang nyata. Sebuah keajaiban mungkin. Buku Elizabeth Gilbert akan membawa kamu memahami dunia inspirasi yang penuh misteri, bagaimana kamu memahaminya dan menyikapinya.

3. Atomic Habits - James Clear

Rekomendasi buku yang ketiga adalah Atomic Habits. Semua orang tentu ingin mencapai tujuan dan kesuksesan. Namun jika diberikan arti kesuksesan mereka akan memberi saran mengenai bekerja keras dan melakukan perubahan. Hal ini memang benar dan tidak salah.

Namun dalam buku “Atomic Habits” karya James Clear mengatakan bahwa menuju kesuksesan tidak perlu usaha yang besar untuk mendapatkan suatu perubahan. Yang kita butuhkan adalah melakukan atomic habits atau kebiasaan-kebiasaan kecil. Selain itu dalam buku James C memberikan tips mengenai kelengkapan dasar ilmu sains dan contoh yang relevan.

4. Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa - Alvin Syahrin

Rekomendasi buku yang keempat adalah Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa. Buku ini sangat direkomendasikan buat kamu yang selalu mengkhawatirkan mengenai masa depan, sulit mencapai tujuan, dan merasa bukan apa-apa daripada yang lain.

Buku ini menceritakan tentang masalah kehidupan yang relevan dengan masa sekarang. Tentunya buku ini mengajak kita bangkit dan semangat walau tak menjadi apa-apa. Maksudnya tidak menjadi apa yang kita inginkan atau tuju.

5. Laskar Pelangi - Andrea Hirata

Rekomendasi buku yang kelima adalah Laskar Pelangi. Buku ini berkisah tentang kehidupan 10 anak yang tidak mampu, tetapi memiliki semangat juang untuk melanjutkan pendidikannya di kampung Gantung, Kepulauan Bangka Belitung.

Di balik keterbatasan yang harus mereka hadapi, baik itu dalam bentuk sarana dan prasarana maupun tenaga pendidik, namun anak-anak tersebut tetap mempunyai semangat juang dalam kegiatan pendidikan yang tengah mereka tempuh. Buku ini telah menjadi international bestseller yang telah terbit dalam 22 bahasa, dan diedarkan di lebih dari 130 negara.

Nah sahabat blog, itulah beberapa buku literasi terbaik yang direkomendasikan buat kamu. Dari beberapa buku di atas, kamu tertarik membaca yang mana nih? Komen di bawah yah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Buku Insecurity is My Middle Name

Novel Laskar Pelangi, Karangan Indah Dari Kehidupan Nyata

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel