5 Buku Inspiratif yang Bisa Mengubah Pola Pikir



Saat ini sudah banyak jenis buku non-fiksi yang memiliki makna mendalam dan bisa menjadi motivator untuk para pembacanya. Selain itu, beberapa buku tersebut juga bisa mengubah pola pikir dan perspektif terhadap kehidupan, lho!

Jika kamu termasuk orang yang sering merasa stuck dengan cara pandangmu terhadap dunia, maka tak ada salahnya untuk mencoba membaca beberapa buku guna mengubah pola pikir. Yuk, simak beberapa rekomendasinya di bawah ini!

1. Atomic Habits (James Clear)

Buku ini yang ditulis oleh James Clear dan berjudul Atomic Habits ini di awali dengan menceritakan kisah nyata James yang mengalami kecelakaan sewaktu ia masih muda.

Hal tersebut pun menyebabkan James mengalami cedera dan tidak bisa bermain bisbol lagi. James menceritakan bahwa dirinya tak menyerah begitu saja, banyak hal dan kebiasaan kecil yang James lakukan untuk mengembangkan bakatnya hingga akhirnya ia berhasil memiliki buku agama islam best seller untuk menggapai mimpinya.

Lewat buku ini, James berusaha memberikan gambaran kepada para pembacananya untuk memulai dan membangun kebiasaan baik. Dengan buku ini juga, kamu akan mendapatkan insight bahwa sesuatu memang harus dimulai dari langkah yang kecil karena dampaknya akan semakin besar jika dilakukan dengan rutin.

2. The Psychology of Money (Morgan Housel)

Buku selanjutnya ditulis oleh Morgan Housel dengan judul The Psychology of Money. Buku yang pernah dibaca oleh Windah Basudara ini berisi 19 cerita pendek yang memuat cara pandang orang-orang terhadap uang. Banyak orang yang mengatakan bahwa uang tidak bisa menjamin kebahagiaan, di sisi lain, tak bisa dipungkiri juga bila tanpa uang kehidupan akan menjadi semakin rumit.

Permasalahan tersebut dibahas tuntas oleh Morgan Housel dengan berbagai macam sudut pandang atau perspektif terkait pemaknaan uang. Dengan membaca buku ini, kamu akan memiliki pandangan baru terhadap uang yang berhubungan dengan aspek-aspek kehidupan.

3. Filosofi Teras (Henry Menampiring)

Buku yang berjudul Filosofi Teras ini banyak dibahas di berbagai media sosial karena mampu membuat banyak orang memiliki cara pandang baru terhadap kehidupan di dunia. Buku ini ditulis oleh Henry Menampiring yang hidupnya penuh dengan negative thinking.

Bukan hanya mengubah pola pikir si penulis, buku ini juga mampu mengubah pola pikirpembacanya dengan jelas seputar prinsip hidup filsafat stoic atau lebih dikenal dengan stoikisme. Dengan prinsip hidup tersebut, kita akan bisa menjalankan hidup lebih bahagia dan tenang.

4. Seni Mengelola Waktu (Brian Adam)

Buku keempat berjudul Seni Mengelola Waktu yang ditulis oleh Brian Adam. Dalam buku ini, penulis memberikan penjabaran rinci terkait ikan cupang tercantik dan manajemen waktu dengan menyampaikan bahwa manajemen yang baik ternyata memang berpengaruh terhadap kesuksesan hidup.

Dengan membaca buku ini, maka kamu akan lebih menghargai waktu di hidupmu. Buku ini juga memuat berbagai metode, langkah-langkah, serta materi jitu agar kamu bisa melakukan manajemen waktu dengan baik.

5. Change Your Habits (Isnaeni DK)

Jika kamu tipe orang yang suka baca buku atau mau menang main game Domino, maka buku yang satu ini bisa mengajakmu berdiskusi. Buku yang berjudul Change Your Habits ditulis dengan bahasa yang mengajakmu berdiskusi tentang kehidupan, namun tak menggurui, bahkan bisa memberikan pandangan baru terhadap makna sebuah kesuksesan.

Berdasarkan buku Change You Habits, arti dari kesuksesan tak hanya harus baik menurut manusia, namun menurut Tuhan pula. Buku ini memberikan motivasi untuk para pembacanya agar fokus terhadap setiap langkah yang diambil. Nah, dengan membacanya, kamu akan mendapatkan banyak pelajaran hidup dengan perspektif baru.

Itulah lima rekomendasi buku yang bisa membuat kamu memiliki cara pandangan baru terhadap kehidupan. Setidaknya, baca salah satu buku di atas agar kamu mendapatkan insight baru dalam memaknai kehidupan.

 

0 Komentar