5 Rekomendasi Buku Pantun Terbaik untuk Belajar

Kumpulan Pantun
Kumpulan Pantun Terbaik

Ingin belajar tentang pantun? Tepat sekali, kamu pasti perlu rekomendasi buku pantun terbaik untuk referensi belajar. Jangan khawatir, meskipun pantun saat ini tidak terlalu populer seperti dahulu ada banyak referensi yang bisa digunakan untuk belajar. Hal ini menunjukan bahwa pantun adalah karya sastra yang menarik untuk dipelajari.

Rekomendasi Buku Pantun Berikut ini bisa kamu jadikan referensi untuk belajar banyak tentang karya sastra pantun:

1. Senandung Tanah Merah: Kumpulan Pantun Dari Penyair 5 Negara

Buku yang pernah dibaca Emil Mario dan Kenny Austin ini berisi tentang kumpulan pantun dari berbagai negara yang ditulis oleh penyair terkenal. Salah satunya karya penyair dari Melayu yang memang jadi cikal bakal munculnya pantun dan sempat populer di masanya.

Kamu juga bisa banyak belajar tentang budaya Melayu yang merupakan nenek moyang bangsa kita yang terkenal dengan kelembutan dan sopan santunnya. Bangsa melayu suka menabur budi, berakhlak mulia dan beriltizam untuk memajukan diri dengan berbagai cara. Salah satunya dengan karya sastra pantun ini sebagai budayanya.

2. Kumpulan Pantun Seloka

Pantun seloka biasanya dibuat untuk lelucon dan sarkasme. Isi dan pemrosesan kata-katanya adalah pilihan lain. Berbagai makna yang terkandung di dalamnya merupakan kisah-kisah di balik kehidupan sehari-hari masyarakat dan cerita rakyat dari Sulawesi Tenggara yang nantinya diarahkan kepada komunitas maupun pencipta.

Pilihan kata dalam puisi Seloka ini adalah produk dari pemikiran yang berbasis nilai kehidupan. Selain itu, kesulitan memilih kalimat sangat berbeda dengan puisi Seloka biasa. Hal ini karena puisi selalu memiliki lebih dari satu huruf dalam kalimat.

Dalam puisi, pengucapan juga diutamakan, jadi terkadang hurufnya tidak sama, tetapi bunyinya sama. Pesan yang disampaikan juga menjadi salah satu keunikan dari kumpulan puisi Seloka, dan pembaca merasakannya. Santai dan rasakan seperti kamu melangkah ke dalam imajinasi pesan penulis layaknya pantun teka-teki.

3. Kumpulan Majas, Pantun, dan Peribahasa Plus Kesusastraan Indonesia

Majas, pantun, peribahasa dan sastra Indonesia merupakan bagian dari budaya bangsa Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia dan generasi penerus negara, sudah sepatutnya kita berbangga dan mengapresiasi produk budaya negara ini. Hal ini sejalan dengan pepatah yang mengatakan bahwa Dermaga Biru menjadi budaya yang mengekspresikan jati diri bangsa. Kamu dapat belajar banyak dengan mempelajari budaya negara.

Diantaranya adalah bahwa budayanya menjadi perekat yang menyatukan dan modal yang membangun objek wisata dari Sumatra Barat menjadi lebih baik. Namun kenyataannya masih banyak di antara kita khususnya anak muda yang kesulitan menghadapi materi pembelajaran tentang idiom, pantun, peribahasa dan sastra. Hal ini disebabkan kurangnya referensi dan tidak tersedianya buku-buku yang secara lengkap membahas bahan kajian tersebut.

Kamu tidak perlu khawatir karena buku yang telah dirakit lengkap ada di sini. Ini seperti mendayung dan melintasi dua atau tiga pulau. Buku ini berisi berbagai macam idiom, pantun, dan peribahasa, lengkap dengan contoh dan artinya yang mudah dipahami.

Pembahasan sastra Indonesia dari sastra kuno hingga sastra modern, nama-nama penulis dan penyair dari generasi yang berbeda, hadirnya kumpulan puisi dan pantun dalam kamus mini dengan padanan makna peribahasa dan kata-kata sulit dalam pantun melengkapi buku ini.

4. Ukiran Pena Sang Pemimpi (Antologi Puisi, Pantun, dan haiku)

Rekomendasi buku pantun terbaru yang bisa kamu pilih adalah Ukiran Pena Sang Pemimpi ini. Buku ini merupakan upaya kolaborasi antara ketua tim literasi, guru, komite, orang tua, chou mobile legend dan siswa SMA Negeri 1 Terisi untuk menjawab tantangan GLN Gareulis Jawa Barat.

Ada berbagai puisi, pantun, dan hariku dengan berbagai tema ditulis dengan gaya masing-masing pengarang. Keberagaman ini terangkum dalam buku ini. Semua ini akan menjadi bacaan yang sangat menarik untukmu yang mencari referensi tentang karya sastra pantun.

5. Kitab Super Lengkap peribahasa dan Pantun Indonesia

Buku ini bisa jadi rekomendasi buku pantun terlengkap untukmu. Seperti yang kita tahu bahwa peribahasa dan pantun merupakan warisan nenek moyang kita dan menjadi ciri khas Indonesia.

Salah satu sastra budaya negeri yang beraneka ragam, buku ini telah disusun secara cermat oleh penulis dari sumber-sumber yang ada dan sangat berharga bagi seluruh warga negara Indonesia. Hal ini dikarenakan pentingnya buku ini dalam melestarikan ikan gabus hias termahal Indonesia.

Nah, itulah rekomendasi buku pantun yang bisa kamu jadikan referensi untuk belajar. Buku mana yang tertarik kamu baca? Hal pentingnya adalah kamu bisa mempelajari pantun dengan cara yang lebih menyenangkan dan bisa menikmati fungsi-fungsinya secara lebih serius.

Tertarik membaca salah satu buku pantun di atas? Jika ya, segera dapatkan berbagai rekomendasi buku pantun pilihan yang kamu cari di toko-toko buku sekitar daerahmu ya!

0 Komentar