Rekomendasi Buku Cerita untuk Anak Indonesia

Buku cerita apa saja yang biasanya Anda pilih untuk anak? Mendekatkan anak dengan buku atau membacakan mereka berbagai cerita sejak usia dini dapat memberi banyak manfaat. Salah satunya, bisa menumbuhkan rasa cinta pada tanah air kita, Indonesia.

Tentu saja, buku yang kita pilih untuk anak harus tepat. Antara lain disesuikan dengan usia anak maupun kemampuan membacanya.

Selain itu, pilihlah buku-buku yang dapat membuat anak mengenal, memahami dan semakin mencintai negeri ini. Misalnya buku yang menceritakan keindahan dan kekayaan alam indonesia, keunikan budaya, hingga makanan khas nusantara.

Nah, untuk membantu orang tua memilih buku cerita untuk anak Indonesia, kumparanMOM membuat daftar rekomendasi berikut ini.

1. Krauk! Krauk!

Bercerita tentang seorang anak yang ingin sekali memenangkan lomba makan kerupuk, buku ini ringan, lucu dan menghibur. Pas untuk dibaca khususnya di momen perayaan Hari Kemerdekaan RI.

Tulisannya sedikit, karena memang ditujukan untuk pembaca pemula.  Meski begitu, cerita maupun ilustrasinya sangat kuat sehingga mudah memikat hati anak. Dian Kristiani dan Ella Elviana adalah dua nama di balik ceritanya.

Kerennya lagi buku "Krauk! Krauk!" terbitan Litara ini juga sudah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa termasuk bahasa Tamil, Khmer dan Nepal!

Yayasan Litara didirikan pada tahun 2014 untuk mewadahi penulis dan ilustrator dengan cita-cita yang sama; meningkatkan kualitas buku anak Indonesia melalui karya seni yang kreatif dan cerita yang menarik sehingga buku-buku tersebut dapat mewakili Indonesia di luar negeri. Litara juga bercita-cita untuk meningkatkan literasi anak Indonesia dan menumbuhkan kecintaan membaca.

2. Lusi dan Aplena dari Teluk Mayalibit, Raja Ampat

Ditulis oleh Riyanti Windesi dan I Gede Pradhana Sthirabudhi, buku ini menceritakan tentang alam yang harus dijaga agar tetap indah dan lestari, terutama alam yang ada di Papua Barat. 

Diterbitkan pada tahun 2019 oleh penerbit Papua Cendekia, buku "Lusi dan Aplena dari Teluk Mayalibit, Raja Ampat" merupakan bagian dari gerakan Buku untuk Papua. Berisi tentang tempat wisata dan tempat liburan di Papua Barat.

Pada awalnya gerakan Buku untuk Papua hanya berfokus pada membantu satu rumah baca saja, lho. Tapi kini, Kini mereka melakukan penggalangan donasi buku untuk ruang baca, kampanye literasi dan sharing untuk peningkatan kapasitas SDM yang menjangkau lebih dari 52 ruang baca komunitas di berbagai penjuru Papua serta menerbitkan buku.

Ingin membeli buku, mencari tahu atau mendukung gerakan mereka? Cari saja Buku untuk Papua di Instagram.

3. Mengenal Jajajan Nusantara

Ditulis oleh Lilih S Hilaliah dan Pratya Aprilana, buku "Mengenal Jajajan Nusantara" bukan buku biasa. Sebab sambil mengikuti kisah dua anak bernama Aren dan Kandis membeli jajanan nusantara di pasar, anak bisa membuka-tutup lipatan, menulis, menghapus hingga meraba dan merasakan tekstur dari gambar-gambar jajanan di dalamnya.  Ada yang lengket, kenyal hingga renyah. Persis jajanan nusantara.

Mereka juga bisa sekaligus belajar tentang beragam warna, berhitung, hingga mengenal bentuk-bentuk geometri.

4. Mata

Nama Okky Madasari mungkin sudah tidak asing di telinga kita. Dia lah sosok di balik sederet novel-novel laris yang mudah ditemui di berbagai toko buku. Okky mengeluarkan novel untuk anak. Yaitu seri petualangan "Mata".

Sejak tahun 2018 hingga 2021, sudah ada 4 buku seri "Mata" yaitu "Mata di Tanah Melus", "Mata dan Manusia Laut", "Mata dan Rahasia Pulau Gapi" serta yang paling baru, "Mata dan Nyala Api Purba".

Ditulis dengan sangat baik, seri ini mengikuti seorang anak perempuan bernama Matara menjelajahi nusantara termasuk wilayah-wilayah terluar Indonesia.

Tidak cuma anak yang sudah lancar membaca, bisa jadi Anda dan suami juga larut keasyikan membacanya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Buku Insecurity is My Middle Name

Novel Laskar Pelangi, Karangan Indah Dari Kehidupan Nyata

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel