Rekomendasi Buku Terbaik untuk Bayi dan Balita

Hai sahabat blog, apa kabar hari ini? Apakah kamu tahu? Membaca buku untuk bayi memiliki banyak manfaat loh. Salah satu manfaatnya adalah untuk membentuk bonding atau ikatan antara anak dan orang tua serta menstimulasi kerja otak si kecil. Terlebih jika membacakan cerita dilakukan sejak bayi masih dalam kandungan.

Nah, buat kamu yang sedang mencari referensi buku cerita untuk bayi, kamu sedang berada di artikel yang tepat. Karena kami akan merekomendasikan beberapa buku cerita yang bagus untuk bayi dan balita. Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

Rekomendasi Buku untuk Bayi dan Balita 

1. Buku Kontras Tinggi (Bayi 0-3 bulan)

Buku kontras tinggi sangat direkomendasikan untuk bayi 0-3 bulan karena dapat merangsang indra bayi. Penelitian menunjukkan bahwa warna kontras tinggi seperti hitam dan putih termasuk yang tertanam paling kuat di otak bayi dan membantu saraf optik tumbuh.

Maka dari itu, coba pilih buku yang menampilkan gambar dan grafik kontras tinggi. Kamu tak perlu membacakan semua isi cerita. Yang terpenting bayi melihat buku tersebut, ibu membacakan cerita seperlunya dan terjadi bonding

2. Buku Taktil (Bayi 4-6 bulan)

Bayi belum bisa membalik halaman buku hingga usia beberapa bulan. Maka dari itu, sementara beri dia buku yang dapat disentuh misalnya buku taktil atau yang bertekstur. Buku-buku taktil membuat bayi bisa mengguncangnya, meraih, dan merabanya.

Kami menyarankan memilih buku yang kokoh, tahan banting dan tahan gigitan yang terbuat dari vinil atau kain.

3. Buku Berirama (Bayi 6-12 bulan)

Buku berirama atau bersuara bisa membantu bayi belajar mendengar bagaimana vokal dan konsonan dan mengumpulkannya untuk membentuk kata-kata. Irama pada buku juga membantu anak-anak lebih mudah mengingat apa yang dia dengar.

4. Buku Klasik (Bayi diatas 12 bulan)

Buku -buku klasik bisa mulai dibacakan untuk anak di atas usia 12 bulan. Bayi bisa mendengarkan cerita yang kita bacakan saat usia 16 minggu. Bahkan, ia sudah bisa mengingat kata-kata yang disampaikan loh mom.

5. Buku Pengantar Tidur

Buat kamu yang memiliki anak balita, kamu bisa rutin membacakannya buku cerita pengantar tidur. Apalagi, waktu jelang tidur cocok banget kan, mom, dijadikan ajang bonding time dengan anak?
Konsultan pendidikan, Richard Gentry mengatakan membacakan buku ke anak, terutama yang masih bayi bisa menciptakan bonding dan bermanfaat bagi perkembangan kognitif mereka. Membaca bisa mengajarkan bayi tentang komunikasi dan memberikan stimulasi untuk membangun keterampilan mendengarkan, memori, dan kosakata.

"Buku-buku yang ideal untuk bayi adalah buku untuk membantu membangun kecerdasan, kosakata, konsep, dan langkah awal belajar membaca. Hal terpenting, dengan membacakan cerita ke bayi akan tercipta bonding antara orang tua dengan anak," tutur Gentry.

Nah sobat blog, itulah beberapa buku untuk bayi dan balita yang direkomendasikan buat kamu. Semoga membantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Buku Insecurity is My Middle Name

Novel Laskar Pelangi, Karangan Indah Dari Kehidupan Nyata

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel