Rekomendasi Buku untuk Remaja yang Wajib Dimiliki

Hai sahabat blog, apakah kamu memiliki hobi membaca buku? Membaca buku mungkin menjadi salah satu aktivitas yang dinilai membosankan bagi sebagian orang. Akan tetapi, bagi seseorang yang memiliki hobi membaca, tentu kegiatan ini tidak membosankan.

Nah, buat kamu yang memiliki hobi membaca dan mungkin sedang kehabisan ide untuk memilih buku yang bisa dibaca, kami akan merekomendasikan beberapa buku yang wajib kamu baca dan kamu punya.

Rekomendasi Buku Bacaan untuk Remaja

1. Pintu Harmonika

Rekomendasi buku yang pertama adalah Pintu Harmonika. Novel ini menceritakan tentang Rizal Lee, Juni dan David, yang hidup bertetangga di kompleks rumah toko (ruko). Ketiganya berbeda usia, namun persahabatan mereka bisa terjalin erat karena mereka memiliki “surga” yang sama, yaitu tanah kosong di belakang ruko mereka. Di situ mereka bisa bebas bermain, merasa aman dan nyaman.

Rizal Lee, si anak gaul yang tak pernah lepas dari sosial media, selebtwit yang populer di dunia maya, tapi sebenarnya kesepian di dunia nyata. Lalu Juni dengan masalah klasik anak remaja, siswa yang pintar yang menjadi korban perundungan di sekolah, namun kemudian ketika sudah bisa membela dirinya sendiri malah ‘membalas’ menjadi pelaku bullying. Kemudian ada David si penggemar berat komik “Detektif Conan” yang merupakan anak tunggal dari single mom.

Konflik yang diangkat di novel ini sangat dekat dengan keseharian remaja yang emosional: cinta, pencitraan, perundungan, konflik dengan orang tua, dan tak lupa perasaan ingin bisa diterima oleh teman. Simpel dan sederhana, namun novel ini membawa kita pada tiga sudut pandang yang berbeda, dengan tiga narator di dalamnya yaitu Rizal, Juni dan David. Dari tiga sudut pandang inilah kita bisa merasakan bagaimana kalau kita adalah salah satu dari mereka, bahkan bukan tak mungkin kemudian merasa, hahah ini gue banget.

2. Self-Acceptance By #88LoveLife

Self-Acceptance by #88LoveLife adalah sebuah buku motivasi yang dikemas dalam kutipan-kutipan hangat dan ilustrasi-ilustrasi cantik. Dalam setiap halamannya, kamu seolah-olah akan mendapat kehangatan dan dukungan untuk mencintai diri kamu sendiri.

Para remaja sering kali merasa tidak nyaman terhadap diri mereka sendiri. Bisa karena merasa tidak secantik teman-temannya, tidak sepintar adik atau kakaknya, atau tidak sekaya sahabatnya. Bisa juga karena merasa tidak punya bakat istimewa seperti sepupunya dan banyak lagi.

Ada juga remaja yang merasa tidak dicintai oleh orang-orang terdekatnya. Mereka merasa harus melakukan apa pun agar dapat diterima oleh keluarga dan lingkungan meski itu mengorbankan kebahagiaannya.

Nah, buku ini sangat cocok untuk para remaja-remaja di atas. Buku ini akan mengajak kalian untuk memahami bahwa setiap orang berbeda dan memiliki pergulatannya masing-masing. Buku ini untuk kalian karena kalian berharga.

3. Atomic Habits

Buku yang ditulis oleh James Clear ini membahas segala hal mengenai kebiasaan, terutama kebiasaan-kebiasaan kecil. James Clear menjelaskan bagaimana kebiasaan kecil atau yang disebut dengan atomic habits bisa membentuk identitas seseorang jika dikerjakan secara konsisten.

Buku non-fiksi yang memperoleh label New York Times bestseller ini sangat mudah untuk dibaca dan dipahami bahkan bagi kalangan remaja. Di halaman akhir setiap babnya akan diberikan rangkuman yang akan memudahkan pembaca untuk menarik kesimpulan terhadap bab yang telah dibaca.

4. Berani Tidak Disukai

Buku yang ditulis oleh dua penulis asal jepang yaitu Ichiro Kishimi dan Fumitake Koga ini sangat berbeda dengan buku kebanyakan. Sebab, penyampaian buku yang satu ini menggunakan penulisan dialog antara seorang pemuda dan seorang filsuf.

Dialog yang mereka ciptakan membahas soal hal-hal penting dalam kehidupan seperti kebahagiaan, keraguan, dan ketenangan jiwa. Meskipun isi buku ini adalah dialog yang salah satunya adalah seorang filsuf, Mama tidak perlu khawatir kalau anak tidak bisa memahaminya.

Meskipun pembahasannya filosofis, tapi dialog yang dibawakan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan mengalir seperti percakapan pada umumnya. Melalui buku ini, kamu akan mendapatkan pemahaman tentang apa itu kebahagiaan yang sesungguhnya.

5. The Alpha Girl's Guide

Buku self improvement yang satu ini akan membantu kamu untuk melewati masa-masa galau karena masa depan, galau karena diri sendiri, atau galau yang disebabkan oleh lainnya.

Sesuai dengan judulnya, buku ini akan menjadi panduan untuk kamu agar dapat menjalani kehidupannya sebagai perempuan. Tak hanya itu, buku ini juga akan mengajarkan kepada tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin alias alpha girl yang tidak hanya pintar, namun juga percaya diri, independen, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.

Di dalam buku ini, kamu juga akan melihat kuis dan percakapan wawancara yang dilakukan oleh penulis bersama dengan sosok alpha female, yang bisa menjadi tokoh panutannya, loh!

Nah sobat blog, itulah beberapa rekomendasi buku yang wajib kamu baca dan kamu punya. Selamat membaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Buku Insecurity is My Middle Name

Novel Laskar Pelangi, Karangan Indah Dari Kehidupan Nyata

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel