5 Novel Singkat yang Menarik Dibaca untuk Pemula

Jika kamu sedang bosan atau ada waktu luang, paling nyaman melakukan aktivitas apa? Daripada hanya bengong atau tidak produktif, coba kamu baca novel-novel singkat yang didalamnya mengandung cerita menarik.

Baca novel memang kadang bikin bosan dan lelah, apalagi kalau novel yang dibaca terlalu panjang. Pastinya jadi tantangan banget buat orang yang baru mulai membaca. Tap tenang saja, ada juga beberapa novel yang khusus dibuat singkat dan mudah dibaca untuk para pemula.

Rekomendasi Novel Singkat Terbaik dan Wajib Dibaca Pemula

Biasanya kalau lihat novel yang cukup tebal, membuat sebagian orang mager untuk membacanya. Apa kamu bisa menyelesaikannya dengan cepat? Tapi, hal itu tak berlaku untuk rekomendasi novel-novel singkat kali ini.

Soalnya, novel-novel ini dibuat pendek alias singkat yang cocok dibaca buat pemula. Daripada salah pilih, berikut rekomendasi 5 novel best seller singkat yang wajib kamu baca!

1. Novel Laut Bercerita (Leila S. Chudori)

Pertama, ada “Laut Bercerita” yang menceritakan tentang alasan seorang mahasiswa memilih jurusan manajemen sekaligus aktivis bernama Laut yang hidup pada masa Orde Baru. Novel singkat ini menceritakan masa-masa sulit seorang mahasiswa saat menyuarakan pendapat sampai akhirnya mengalami penyiksaan.

Novel karya Leila S. Chudori ini menjadi salah satu rekomendasi novel singkat yang wajib dibaca. Selain isinya yang pendek, novel singkat ini juga memberikan pengetahuan soal masa lampau. Buat yang suka sejarah, pasti cocok baca novel singkat satu ini.

2. Novel Of Mice and Men (John Steinbeck)

Novel singkat kedua ditulis oleh John Steinbeck berjudul “Of Mice and Men” terbit. Novel ini pertama kali muncul pada tahun 1937. Ya, seperti yang diketahui, John Steinback lebih suka menulis cerita pendek. Salah satu cerita pendek yang pernah ia buat adalah tentang harga ikan Arapaima dan harga ikan tenggiri. Untuk novel singkat yang satu ini, ia hanya menmbuat sebanyak 107 halaman.

“Of Mice and Men” menceritakan tentang persahabatan di antara George dan Lennie di tengah krisis ekonomi pada tahun 1930. Diketahui, George tak pernah bersekolah sedangkan Lennie seorang dengan keterbelakangan mental.

Mereka berdua punya mimpi untuk bisa hidup tentram dengan cara mereka sendiri. Sayangnya, suatu insiden mengubah semua rencana yang telah dibuat. Penasaran, kan? Nah, novel ini bisa jadi teman minum kopi di teras belakang.

3. Novel Gadis Kretek (Ratih Kumala)

Novel dengan latar sejarah lainnya ada “Gadis Kretek” karya Ratih Kumala. Novel ini menceritakan tentang pencarian seorang perempuan yang bernama Jeng Yah. Menariknya dari “Gadis Kretek” ini, nanti kamu akan menemukan beberapa suku gaib di Indonesia yang penuh misteri dan konflik berupa aib keluarga pemilik kretek.

Untuk alur cerita, novel ini berlatar belakang kejadian G30S PKI yang dibungkus dengan kisah keluarga pemilik Kretek. Kira-kira seperti apa serunya membaca novel singkat ini? Bisa masuk list bacaan kamu!

4. Novel The Girl Who Reads on the Métro (Christine Féret-Fleury)

Salah satu novel yang juga menjadi favorit adalah “The Girl Who Reads” milik Christine Féret-Fleury. Novel singkat ini menceritakan seorang Juliette yang sedang membaca buku sepanjang perjalanannya ke kantor.

Bagian serunya, saat ia sampai kantor, bukannya masuk ke ruangan, justru mengikuti salah satu penumpang lain yang naik bus bersamanya. Tujuan dari penumpang tersebut adalah ke sebuah toko buku.

Kabarnya, untuk menyelesaikan novel pendek ini hanya butuh waktu beberapa jam saja. Dengan begitu, maka kamu punya banyaik waktu luang untuk mencari tahu tentang game paling buruk di dunia.

Ya, meski tak sedikit yang menganggap kurang menantang dan alur ceritanya mudah ditebak, tapi tetap saja peminat baca novel ini sangat banyak.

5. Novel Orang-orang Proyek (Ahmad Tohari)

Rekomendasi novel singkat yang terakhir berjudul “Orang-orang Proyek” karya Ahmad Tohari. Novel ini menceritakan seorang insinyur bernama Aditya Zoni yang memiliki idealisme sendiri hingga akhirnya bermasalah dengan budaya korupsi.

Tak hanya cerita belaka, ternyata novel "Orang-orang Proyek" diangkat dari kisah nyata, lo! Hanya saja nama-nama tokoh di novel ini yang tidak benar alias fiksi. Pastinya, dilihat dari konflik yang diangkat, cukup menarik bagi kamu pecinta sejarah dan politik. Yuk, segara dibaca biar kamu tidak makin penasaran.

Demikianlah rekomendasi novel singkat dengan cerita seru yang cocok dibaca bagi pemula. Dari kelima novel di atas, mana nih yang pengen banget kamu baca.

0 Komentar