5 Rekomendasi Novel yang Mengangkat Tema Kehidupan

Hai sobat blog, bagaimana nih kabar kamu? Di tengah dunia yang saat ini banyak menggunakan media digital, keberadaan dari bentuk fisik buku bacaan lama kelamaan semakin dilupakan atau ditinggalkan. Namun bagi sebagian pembaca, membaca novel memiliki keunikan tersendiri yang tidak dapat tergantikan.

Terdapat begitu banyak judul novel remaja kehidupan yang dapat kamu nikmati kapan saja dan membantu untuk meningkatkan minat baca. Bahkan, ada banyak genre yang dapat kamu dalami dan beberapa judul yang mungkin kamu akan sukai alur ceritanya.

Tak terkecuali lewat tiap kalimat yang ada di dalam novel yang mengangkat tema tentang kehidupan memang kerap dijadikan inspirasi pembaca. Di samping mengolah imajinasi, dengan membaca novel kamu pun bisa lebih rileks dan punya dampak baik bagi tubuh.

Nah, buat kamu yang sedang mencari referensi buku, kami akan merekomendasikan beberapa novel yang mengangkat topik tentang kehidupan. Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

1. Laut Bercerita

Rekomendasi novel yang pertama adalah ‘Laut bercerita. Dengan berlatar waktu di era 90-an hingga 2000, tepatnya di masa orde baru. Novel ini merupakan novel yang bertemakan persahabatan, percintaan, keluarga, dan rasa kehilangan.

Novel Laut Bercerita memiliki perpaduan antara fakta dan fiksi. Sebab, penulis Leila sendiri pun melakukan riset dan wawancara mendalam sebelum akhirnya novel ini rampung.

Dalam cerita ini terdapat dua sudut pandang berbeda. Pertama, perspektif Biru Laut yang merupakan seorang aktivis kampus. Kedua, perspektif Asmara Jati atau adik Laut yang memiliki pandangan berlawanan dengan kakaknya.

2. Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa

Novel kedua adalah ‘Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa’. Semakin dewasa, maka semakin besar kemungkinan kamu merasa kecil. Mungkin kalimat tersebut menjadi gambaran ketika kamu melihat kawan yang perlahan mulai berada dalam perjalanan meraih mimpi. Tak jarang, keadaan seperti ini dijadikan patokan sehingga kamu mulai membandingkan pencapaian diri sendiri dengan orang lain.

Buku ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang merasa khawatir dengan masa depan, buku ini penuh inspirasi agar kamu tidak terlalu terburu-buru untuk membandingkan apa yang sudah kamu perjuangkan dengan apa yang dirasakan oleh orang lain.

3. Kami (Bukan) Sarjana Kertas

Novel selanjutnya adalah ‘Kami (Bukan) Sarjana Kertas. Novel ini menceritakan tentang sekumpulan mahasiswa dari kampus UDEL yang sering menjadi pilihan terakhir bagi orang-orang. Saking buruk reputasi dari kampus ini, sampai-sampai nggak masuk ke dalam search engine semacam Google.

Jika kamu masih kuliah, novel ini mungkin banyak relate dengan kehidupan perkuliahanmu. Melalui novel ini terdapat nilai bahwa menjadi mahasiswa bukan sekadar datang, mendengarkan, dan pulang. Lebih daripada itu, kamu perlu lebih bijak lagi dalam setiap tindakan yang diambil.

4. Represi

Novel keempat adalah ‘Represi’. Novel ini ditulis dengan sudut pandang orang ketiga, menceritakan sosok Anna yang merasakan tekanan dalam hidup.

Awalnya Anna merasa hidup baik-baik saja karena dikelilingi oleh Ibu dan sahabat-sahabat karibnya. Namun, keadaan tersebut berubah ketika para sahabatnya mulai menjauhi Anna.

Keadaan tersebut membuat Anna merasa tertekan dan menjadi sosok asing bagi dirinya sendiri. Sampai suatu hari, terlintas dalam pikirannya untuk mengakhiri hidup. Bagi kamu yang menyukai psikologi, novel ini akan sangat bermanfaat karena memuat hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan mental seorang Anna.

5. Rindu

Novel terakhir adalah ‘Rindu’. Novel ini mengisahkan perjalanan panjang dari sebuah kerinduan. Keluarga Daeng Andipati, pengusaha ternama Kota Makassar yang ingin melakukan perjalanan panjang untuk pergi haji dnegan menggunakan kapal.

Dalam perjalanan tersebut, terkuak berbagai kisah dari masing-masing penghuni kapal yang juga dalam perjalanan menuju tujuan yang sama. Semua tampak bahagia dari luar, tetapi menyembunyikan banyak pertanyaan dari dalam.

Nah sobat blog, itulah beberapa novel kehidupan yang direkomendasikan buat kamu. Selamat membaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Buku Insecurity is My Middle Name

Novel Laskar Pelangi, Karangan Indah Dari Kehidupan Nyata

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel