5 Rekomendasi Buku Bacaan untuk Anak SD

Hai bunda, sudahkah kamu membiasakan anak untuk membaca buku dengan beragam cerita? Membaca buku dengan beragam cerita dapat membuat anak mengenal banyak hal-hal baru, loh. Apalagi jika sang anak sudah masuk ke Sekolah Dasar dan sudah lancar membaca.

Seperti kata pepatah buku adalah jendela dunia. Pasti kamu tidak asing lagi dengan pepatah itu, ‘kan? Kita sudah mengenal pepatah ini semenjak sekolah dasar dan memang benar adanya kalau dengan membaca kita bisa lebih mengenal dunia. Mengapa? Karena dengan membaca buku kita bisa mendapatkan informasi lebih dan semakin membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, sosial, budaya, politik, ekonomi dan aspek-aspek lainnya.

Nah, buat bunda yang sedang mencari referensi buku untuk sang anak yang sedang duduk di bangku SD, kami akan merekomendasikan beberapa buku bacaan yang cocok untuk anak SD. Yuk, ikuti ulasan kami di bawah ini!

1. The Giving Tree

Buku pertama adalah The Giving Tree. Buku yang ditulis Shel Silverstein ini menceritakan tentang persahabatan antara seorang anak laki-laki dengan sebatang pohon apel. Persahabatan anak laki-laki dengan pohon apel terus berjalan baik hingga anak laki-laki tersebut tumbuh dewasa. Mereka berdua sudah seperti keluarga yang saling menyayangi.

Buku ini memiliki makna yang sangat bagus, mengajarkan tentang nilai pengorbanan dan kasih sayang kepada orang tua. Buku ini tidak terlalu tebal, bahkan bisa dibilang tipis, sangat cocok dengan anak SD.

2. Charlotte’s Web

Buku selanjutnya adalah Charlotte’s Web. Buku yang ditulis oleh E.B White yang terbit pada tahun 1952 ini begitu populer dan paling banyak dicari. Buku ini menceritakan tentang seorang anak yang bernama Fern yang memelihara seekor anak babi yang hendak dibunuh ayahnya. Anak babi tersebut diberi nama Wilbur oleh Fern.

Fern merawatnya dengan penuh kasih hingga Wilbur sudah tumbuh besar sampai di suatu ketika ayahnya meminta Fern untuk menjual Wilbur kepada pamannya karena porsi makanan Wilbur sudah bertambah banyak. Perjalanan Fern, Wilbur dan teman-teman barunya begitu menyentuh hati. Persahabatan mereka yang begitu tulus membuat banyak sekali pembaca yang menyukai buku ini.

3. Seribu Kucing untuk Kakek

Buku ketiga adalah Seribu Kucing untuk Kakek. Buku yang ditulis oleh Pak Raden menyampaikan kisah yang begitu menarik dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya sangat cocok untuk anak-anak Anda. Walaupun ilustrasi yang terdapat di dalam buku tidak berwarna, tutur katanya yang sangat naratif dan imajinatif tidak mengurangi pesona buku ini sama sekali.

4. 100 Cerita Rakyat Nusantara

Buku berikutnya adalah 100 Cerita Rakyat Nusantara. Buku ini mengandung unsur-unsur nusantara yang sebaiknya dikenal oleh anak-anak. Dengan mengenalkan cerita rakyat kepada anak-anak sejak dini, Anda dapat menanamkan rasa nasionalisme dan cinta kepada negerinya sendiri. Selain itu, cerita rakyat ini mengandung pesan moral yang bagus bagi anak-anak.

5. Narnia

Buku terakhir adalah Narnia. Mungkin sudah tak asing ya bagi kamu mendengar nama Narnia. Buku ini telah diadaptasikan menjadi film layar lebar dan sangat menarik perhatian dan minat anak-anak hingga orang dewasa. Kisahnya yang begitu menarik dan mengandung nilai kekeluargaan yang begitu kental membuat kisah ini selalu menjadi favorit setiap orang.

Nah bunda, itulah beberapa buku yang direkomendasikan untuk sang buah hati. Jangan sampai salah ya bunda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinopsis Buku Insecurity is My Middle Name

Novel Laskar Pelangi, Karangan Indah Dari Kehidupan Nyata

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel