5 Rekomendasi Buku untuk Pejuang Skripsi

Hai sahabat blog, bagaimana nih kabar kamu? Semoga sehat selalu, ya. Siapa nih dari kamu yang sedang menjalani proses akhir dalam perkuliahan? Proses ini memanglah bukan hal yang mudah karena butuh perjuangan di setiap prosesnya. Tak jarang mahasiswa tidak kunjung lulus karena terlalu lama menunda menyelesaikan skripsi.

Nah, buat kamu yang merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas akhir, skripsi, maupun penelitian, kami akan merekomendasi beberapa buku yang layak kamu baca untuk membantu menyelesaikan tugas skripsi. Yuk, ikuti ulasan kami di bawah ini!

Rekomendasi Buku Metode Penelitian

1. Ragam Analisis Dalam Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi (Prof. Dr. Umi Narimawati, Dra., S.E., M.Si, dkk)

Rekomendasi buku pertama adalah Ragam Analisis Dalam Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi. Melalui buku ini, kamu akan belajar bagaimana caranya untuk mencari, mengumpulkan, dan mengolah berbagai macam data penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitianmu.

Tak hanya itu, kamu juga akan belajar mengenai cara menggunakan berbagai macam software untuk alat bantu menghitung data hasil penelitian, seperti software PLS, SEM, SmartPLS, dan masih banyak lagi.

2. Metode Penelitian Jurnalisme (Dr. Rulli Nasrullah, M.Si).

Rekomendasi buku yang kedua adalah Metode Penelitian Jurnalisme. Buku ini akan memberikan panduan untuk para mahasiswa yang ingin mengerjakan penelitian kualitatif, terutama dalam bidang ilmu jurnalisme maupun ilmu komunikasi yang berhubungan langsung dengan dunia penyiaran, pertelevisian, periklanan, dan masih banyak lagi.

3. Metode Penelitian Kualitatif & Mixed Method (Seto Mulyadi)

Buku ini secara khusus dibuat untuk menjelaskan secara lengkap mengenai mixed method yang ternyata belum banyak dibicarakan dan digunakan di Indonesia. Melalui buku ini, pengetahuanmu mengenai jenis metode penelitian akan semakin bertambah dan kamu bisa menggunakannya pada kegiatan penelitianmu sendiri.

4. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS (Syofian Siregar)

Buku selanjutnya adalah Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Buku ini kan lebih fokus pada materi pengukuran dalam penelitian kuantitatif, tahap-tahap dalam pembuatan kuesioner, cara menganalisis hasil kuesioner, dan masih banyak lagi. Perlu dipahami bahwa kuesioner merupakan salah satu bagian yang penting dalam penelitian, sehingga kamu harus memikirkan segala aspeknya dengan sangat teliti untuk bisa memberikan hasil yang terbaik.

Selain itu, buku ini juga akan mengajarkan beberapa materi statistik untuk menghitung data hasil kuesioner, dengan menggunakan beberapa software bantuan, salah satunya adalah software SPSS.

5. Metode Penelitian Dalam Implementasi Ragam Analisis (Umi Narimawati, Jonathan Sarwono, dkk)

Buku terakhir adalah Metode Penelitian Dalam Implementasi Ragam Analisis. Buku ini bisa menjadi salah satu buku panduan untuk melakukan analisis dalam penelitian kuantitatif, karena fokus pembahasan buku ini akan lebih banyak seputar prosedur dan cara-cara menganalisis data kuantitatif.

Selain itu, penulis juga memberikan berbagai pemahaman lain mengenai cara mengolah data yang sesuai dengan tujuan penelitian, serta bagaimana cara mengimplementasikan data hasil penghitungan ke dalam bentuk tulisan supaya lebih mudah untuk dimengerti banyak orang.

Nah sahabat, itulah beberapa rekomendasi buku buat kamu pejuang skripsi. Semoga bermanfaat.

0 Komentar