5 Buku Sosiologi Terbaik untuk Mahasiswa

Siapa nih dari kamu yang ingin masuk jurusan sosiologi? Sosiologi memang merupakan salah satu jurusan yang menarik, karena sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari dan juga masyarakat.

Sosiologi adalah salah satu rumpun ilmu sosial yang mendalami bagaimana interaksi yang terjadi antar sesama manusia. Ilmu ini sangat dekat dengan kita karena memang membahas mengenai isu-isu sosial yang berdampak langsung pada kehidupan kita.

Untuk itu, buat kamu yang ingin mengambil jurusan ini kamu harus mengetahui beberapa buku sosiologi terbaik yang bisa kamu baca, baik untuk kalangan pelajar, maupun mahasiswa.

1. Sosiologi Suatu Pengantar Edisi Revisi

Buku karya Soerjono Soekanto ini dibuat dengan bahasa yang ringan, sehingga mempermudah para pembacanya dalam memahami dan juga mempelajari isi buku. Inti dari setiap pembahasan yang ditampilkan dalam desain khusus untuk membantu pembacanya dalam menarik kesimpulan dalam pembahasan.

Buku ini akan mengajak kamu untuk menggali lebih banyak tentang sudut pandang berbagai teori serta penelitian sosiologi. Di dalamnya juga berisikan contoh kasus yang bisa mengantarkan pembaca dalam menghubungkan teori sosiologi dengan kenyataannya di lapangan.

2. The Sociology Book Explained

Buku karya Mitchell Hobbs dan Sarah Tomley sangat cocok untuk dibaca anak SMA yang mungkin ingin mendalami sosiologi lebih dalam lagi. Di dalamnya akan ada deskripsi mengenai sejarah sosiologi, tokoh-tokoh sosiologi, dan perkembangan sosiologi dari masa ke masa.

3. Hafal Mahir Materi Sosiologi

Buku selanjutnya adalah Hafal Mahir Materi Sosiologi. Buku ini berisi tentang ringkasan materi lengkap dari kelas 10, 11, 12 yang disajikan dengan cara sistematis, yang disusun per pokok bahasan. Dilengkapi juga latihan soal yang disertai dengan kunci jawaban latihan per pokok bahasannya yang berguna dalam menguji pemahaman siswa mengenai materi pelajaran sosiologi yang sudah mereka pelajari.

Hafal Mahir Materi Sosiologi ini disusun untuk membekali para siswa dalam persiapan menuju ulangan harian, ujian tengah semester, serta ujian akhir semester. Buku ini bisa menjadi solusi belajar sosiologi dengan cara yang menyenangkan.

4. Pengantar Ringkas Sosiologi

Buku ini akan mengantarkan para pembacanya ke dalam konsep dasar sosiologi yang disertai dengan contoh nyata dalam lingkungan terdekat. Dengan begitu, sangat mudah untuk kita memahami berbagai teori yang bersifat abstrak.

Buku ini disusun untuk memahami berbagai fakta dan gejala masalah sosial, serta bagaimana mencari alternatif dalam pemecahan masalah. Disajikan dengan sangat ringkas dan mudah untuk dipahami.

5. Imajinasi Sosiologi Pembangunan Sosietal

Buku terakhir adalah Imajinasi Sosiologi Pembangunan Sosietal. Buku karya Paulus Wirutomo ini akan memperkaya analisis masyarakat dan juga strategi kebijakan dalam mencapai masyarakat yang baik (good society). Model Struktur-Kultur-Proses (SKP) dibangun berdasarkan pada berbagai teori sosiologi dan model pembangunan sosial yang ada di Indonesia. Hal itu dikarenakan untuk melihat masyarakat secara lebih komprehensif.

Nah sahabat blog, itulah beberapa buku terbaik yang bisa kamu baca, baik untuk kalangan pelajar, maupun mahasiswa. Semoga bermanfaat.

0 Komentar